Kota Medan Kembali Raih Piala Adipura, Bobby: Kolaborasi Pemerhati Lingkungan dan Sampah

foto: Muhammad Husni menerima Piala Adipura dari KLHK
(sumber:portal.pemkomedan.go.id)

Reporter: Tarida Simanjuntak/Miranda Avini

Suara USU, Medan. Kota Medan kembali meraih Penghargaan Piala Adipura tahun 2023 kategori Kota Metropolitan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Penganugerahan penghargaan Adipura tersebut dilaksanakan di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta pada Selasa, 05 Maret 2024 yang turut dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin.

Piala Adipura terakhir kali diraih Kota Medan pada tahun 2012 atau tepat 12 tahun yang lalu. Penghujung bulan Februari tahun lalu, Kota Medan hanya mendapatkan sertifikat Adipura. Bahkan pada tahun 2019, Kota Medan mendapatkan predikat kota terjorok dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan Adipura merupakan penghargaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dilaksanakan sejak tahun 1986 hingga sekarang. Penghargaan Adipura diberikan sebagai bentuk apresiasi untuk kota-kota di Indonesia yang berhasil dalam menjaga kebersihan dan pengelolahan perkotaan. Adapun tujuan diadakannya Program Adipura adalah untuk mendorong komitmen pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif seluruh masyarakat dalam pembangunan ekonomi hijau, fungsi sosial dan fungsi ekonomi pembangunan dengan menerapkan prinsip tata pemerintah yang baik bagi kota berkelanjutan.

Penghargaan Adipura 2023 didasarkan dari hasil pemantauan fisik kota, penilaian kinerja pengolahan sampah dan ruang terbuka hijau, penilaian kondisi operasional dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA), serta melihat inovasi yang dilakukan daerah dalam mewujudkan kota bersih, teduh dan berkelanjutan. Piala Adipura diserahkan langsung oleh Drs. Alue Dohong, SE., M.Sc, Ph.D selaku Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia didampingi Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Rosa Vivien Ratnawati, SH., M.Sc. kepada Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Muhammad Husni.

Dilansir dari detik.com, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan penghargaan Adipura ini diraih berkat kerjasama seluruh stakeholder dan instansi terkait dalam pengelolaan dan penanganan sampah di Kota Medan. Terutama Masyarakat Kota Medan yang turut berpartisipasi peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Terima kasih kepada seluruh pemerhati lingkungan dan pemerhati sampah di Kota Medan, atas partisipasi dan dukungan serta kolaborasi yang telah dilakukan dalam pengelolaan maupun penanganan sampah di Kota Medan sehingga Kota Medan kembali meraih penghargaan Adipura Tahun 2023,” kata Bobby Nasution, seperti dikutip dari detik.com, Sabtu (9/3/2024).

Redaktur: Fathan Mubina

Related posts

Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 Telah Dibuka, Lebih Dari 400 UMKM Terlibat

Menikmati Musik Skena Pada Konser Antar Lintas Skena

Temilreg FoSSEI Sumbagut oleh KSEI FoSEI USU 2024, Dorong Generasi Muda Pahami Ekonomi Syariah