Penerimaan Jalur SMM PTN-Barat 2024

Reporter : Nisya Augia dan Katrin Alina

Suara USU, Medan. Universitas Sumatera Utara telah membuka pendaftaran jalur Seleksi Mahasiswa Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN Barat). SMM PTN Barat adalah seleksi calon mahasiswa melalui jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat.

Pendaftaran SMM PTN Barat 2024 dibuka pada 4 Mei, dengan masing-masing peserta membayar sebesar Rp.375.000. USU menjadi salah satu Universitas yang terpilih dari 25 PTN yang terdaftar.

Adapun materi ujian SMM PTN Barat terdiri dari tes potensi skolastik, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Sistem seleksinya berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Untuk lokasi ujian peserta SMM PTN Barat 2024 adalah di PTN terdekat dari domisili peserta saat ini dan lokasi ruang ujian diatur dan ditetapkan oleh panitia pada masing-masing PTN.

“SMM PTN Barat tahun ini bisa memilih 4 pilihan prodi, dengan pilihan prodi di dalamnya ada 2 prodi diploma” ucap Pak Ikhsan selaku Direktur Pengembangan Pendidikan.

Pak ikhsan juga menyebut, kuota untuk Seleksi Mahasiswa Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat sekitar 5% , dengan membuka SMM PTN Barat ini menjadi kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang ingin bergabung di Universitas Sumatera Utara (USU).

Pendaftaran ujian tulis dapat dilihat melalui https://pendaftaran.smmptnbarat.id/

Redaktur : Evita Sipahutar

Related posts

Hadir Kembali Program Beasiswa Unggulan 2024, Catat Info dan Syarat yang Diperlukan

Mahasiswa USU Membuat Inovasi Terbaru Dalam Teknologi Kedokteran Gigi Bernama Actprose

BEM Fakultas Teknik Adakan Pelantikan Setelah Enam Bulan Pemira