Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen Bhinneka.com

Suara USU, Medan. Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara melakukan kegiatan magang di PT Bhinneka Mentaridimensi. PT Bhinneka Mentaridimensi terletak di Jl. Gunung Sahari Raya 73C no. 5-6 Jakarta 10610, Indonesia. Kegiatan magang ini dilaksanakan secara online. Tiga dari mahasiswa yang lolos magang MBKM PT Bhinneka Mentaridimensi adalah mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Bisnis FISIP USU. Ketiga mahasiswa tersebut antara lain Elisa Emeliya Sihombing, Sonnia Appriliani Rizki, dan Windi Ayu Ningrum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan penelitian mengenai promosi dan kualitas layanan di Bhinneka.com. Adapun kegiatan magang MBKM ini dilaksanakan sejak 7 Februari 2022 hingga 7 Juli 2022.

PT Bhinneka Mentaridimensi didirikan oleh Bapak Hendrik Tio yang awalnya bergerak pada bidang teknologi informasi pada tahun 1993 berubah menjadi toko online atau e-commerce pada tahun 1999 dengan nama Bhinneka.com untuk melewati masa krisis 1998. Pada tahun 2001, PT Bhinneka Mentaridimensi juga memutuskan untuk mendirikan toko fisik atau gerai omnichannel pertama di Indonesia. Mereka juga meluncurkan Bhinneka Bisnis yang merupakan platform B2B pertama di Indonesia pada tahun 2011. Mereka juga membantu pemerintah untuk membangun e-Katalog pada tahun 2015 dan ini merupakan toko online penyedia pertama di e-Katalog LKPP. Dan hingga pada tahun ini pun PT Bhinneka Mentaridimensi terus berkembang untuk menjadi lebih baik lagi dan hadir dengan program Campus Marketplace.

Bhinneka.com merupakan salah satu e-commerce yang tersedia di Indonesia. Dalam hal ini, Bhinneka.com tentu berusaha memberikan layanan yang terbaik bagi konsumen untuk meningkatkan loyalitas konsumennya. Dari banyaknya layanan dan promosi yang disediakan oleh Bhinneka.com, tentu hal ini dapat meningkatkan loyalitas konsumennya. Oleh karena itu, untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumennya, kelompok mahasiswa dari program studi Ilmu Administrasi Bisnis ini menganalisis hal tersebut. Kelompok tersebut melakukan observasi secara langsung, mengumpulkan data, dan memberikan kuisioner kepada para konsumen Bhinneka.com.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dalam hal promosi, pelanggan mudah untuk memperoleh informasi dari berbagai media, mereka memperoleh informasi secara jelas, mereka tertarik untuk membeli karena media desain yang digunakan, dan mereka percaya terhadap pesan yang terkandung dalam promosi. Sedangkan dalam hal kualitas pelayanan, mereka juga memberikan layanan yang terbaik. Para petugas cukup cermat dan kompeten untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh para konsumen dengan baik, memberikan pelayanan dengan baik dan tanggap dalam memberikan pelayanan, mampu memberikan jaminan keamanan data, ramah dan sopan dalam melayani konsumen, dan menyediakan tampilan aplikasi dan situs web yang mudah dijangkau.

Berdasarkan hal tersebut, ternyata promosi dan kualitas layanan yang dilakukan oleh Bhinneka.Com berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Para konsumen untuk membeli kembali produk-produk yang dijual Bhinneka.com, mau merekomendasikan e-commerce Bhinneka.com kepada orang lain, dan untuk membeli kembali produk yang tersedia di Bhinneka.com walaupun lebih mahal daripada yang lain demi pelayanan yang mereka dapatkan . Secara keseluruhan promosi dan kualitas layanan di Bhinneka.com sudah masuk ke kategori cukup baik, begitu juga dengan loyalitas konsumen Bhinneka.com.
Dengan mempelajari Promosi dan Kualitas Layanan yang dilakukan oleh Bhinneka.com, kelompok mahasiswa ini berharap Bhinneka.com ke depan dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat Indonesia. Diharapkan juga Bhinneka.com dapat lebih meningkatkan lagi pelayanannya.

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 Telah Dibuka, Lebih Dari 400 UMKM Terlibat

Menikmati Musik Skena Pada Konser Antar Lintas Skena

Temilreg FoSSEI Sumbagut oleh KSEI FoSEI USU 2024, Dorong Generasi Muda Pahami Ekonomi Syariah

1 Comment

registro na binance us 16 May 2024 - 10:32

Thanks for sharing. I read many of your blog posts, cool, your blog is very good.

Add Comment