Jesslyn Elisandra Harefa, Mahasiswi Fakultas Hukum USU dengan Segudang Prestasi

Reporter: Jesika Yusnita Laoly

Suara USU, Medan. Jesslyn Elisandra Harefa, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) stambuk 2020 mengukir berbagai prestasi dalam perjalanan akademiknya. Selain aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, Jesslyn juga terlibat sebagai relawan internasional dan berhasil meraih berbagai penghargaan dalam kompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pada semester enam, Jesslyn berhasil menjadi salah satu mahasiswa yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa di Fakultas Perundang-Undangan Universiti Teknologi MARA (UITM) Shah Alam, Selangor, Malaysia. Di UITM Jesslyn meraih penghargaan sebagai International Student Awardee atas prestasinya sebagai mahasiswa berprestasi, yang diserahkan oleh Prof. Dr. Shariman Zainul Abidin, Asisten Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi UITM Malaysia.

Juni 2023, bersama timnya, Jesslyn memenangkan medali perak dalam lomba karya tulis ilmiah Indonesia International IoT Olympiad 2023 dengan judul “Empowering Street Children Through Tutoring In Dealing With Education In The Megatrend Era“. 

Selain itu, Jesslyn aktif dalam program bertaraf internasional seperti Summer Course-Exchange Students dan Windows to Hope: Exploring Refugees Communities. Ia juga menjadi volunteer international di organisasi Student Community Law Club UITM.

Berikut ini prestasi- prestasi dalam berbagai lomba esai dan debat yang berhasil Jesslyn menangkan, yaitu:

    1. Juara 1 lomba menulis esai pada Perayaan Hari Kebangkitan Nasional yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Gunungsitoli tahun ajaran 2018/2019.
    2. Juara 3 lomba menulis esai dengan tema “Menyongsong Generasi Emas Kepulauan Nias Tahun 2030” yang diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Nias Indonesia (IPNI) pada tahun 2018.
    3. Juara 1 lomba menulis esai dengan tema “Peran Guru Dalam Dunia Pendidikan” yang diselenggarakan oleh BEM FKIP Universitas Syiah Kuala pada tahun 2021.
    4. Juara 3 lomba menulis esai dengan tema, “Peran Media dalam Mengawal Problematika HAM sebagai Kebebasan Berekspresi” yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Suara Kampus Universitas Pekalongan pada tahun 2022.
    5. Juara 3 lomba menulis esai dengan tema “Profesi” dalam rangka HUT Ke-9 LPM Neraca Polmed dengan pada tahun 2022.
    6. Juara 1 kompetisi Debat Tingkat Nasional Phychofest Universitas HKBP Nommensen 2021.
    7. Best speaker kompetisi Debat Tingkat Nasional Phychofest Universitas HKBP Nomensen 2021.
    8. Juara 1 lomba Debat Hukum Tingkat Nasional Legal Event Day Universitas Lambung Mangkurat 2022.
    9. Juara 1 lomba Debat Konstitusi Tingkat Nasional Billy Nobile & Associates Law Firm 2022.
    10. Juara 2 lomba Debat National Legal Debate Championship President University Major Association Law 2022.
    11. Juara 3 lomba Debat Bahasa Indonesia National Veterinary Science and Creative Event Institut Pertanian Bogor 2022
    12. Juara 2 National Debate Competition Universitas Negeri Semarang 2023.

Jesslyn, juga aktif sebagai narasumber, MC dan moderator dalam berbagai acara. Jesslyn mencapai keberhasilan berkat tips belajar yang selalu diterapkannya, seperti membuat Kartu Kendali dengan jadwal aktivitas belajar dan kegiatan di luar jam belajar secara rutin. 

“Untuk tips belajar aku selalu bikin kartu kendali versi pelajar berisi schedule aktivitas belajar dan kegiatan di luar jam belajar secara rutin. Jadinya setiap kegiatan yang mau aku lakukan ditiap harinya sudah tersusun dan teratur. Aku juga nerapin teknik belajar yang yang bernama metode Eat That Frog dalam artian ‘katak’ yang dimaksud berupa tugas, bermakna ‘makan katak’ berarti mengerjakan tugas. Dimana kita memulai dengan membuat daftar pembelajaran mana yang dikerjakan terlebih dahulu lalu susunlah dalam beberapa kategori sesuai dengan kebutuhan dan tingkat urgensinya,” ujarnya

Jesslyn juga memberikan tips untuk menulis esai dan berpartisipasi dalam lomba debat. Dalam menulis esai fokus terhadap tiga hal, yaitu Structure, Search, Read More, and Write Object. Di dalam lomba debat, kunci keberhasilan adalah menguasai materi, siap dalam menjawab pertanyaan lawan, mengatur waktu dengan baik, dan konsisten mengikuti panduan yang telah ditetapkan. Jesslyn berharap tips ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman mahasiswa di luar sana.

Tidak lupa, sebagai putri dari Kepulauan Nias, Jesslyn mengajak teman-teman dari daerah tersebut untuk memiliki keinginan kuat untuk meraih prestasi internasional. Ia juga berharap agar belajar dengan tekun dan gigih.

“Aku berharap teman-teman yang juga berasal dari Kepulauan Nias untuk memiliki tekat dan ketekunan yang kuat dalam meraih prestasi hingga Go Internasional. Kerena, jika bertekun dalam belajar ini dapat memajukan diri kita, menjadi personal berintelektual tinggi, berkarakter, bermoral dan berwawasan global. Jadi aku harap kepada semua teman-teman dimana pun berada, hendaknya teman-teman memiliki inisiatif belajar yang tekun dan ulet sehingga kelak teman-teman bisa meraih prestasi gemilang di masa depan,” tutupnya.

Redaktur: Feby Simarmata

 

Related posts

Lafran Pane, Sosok Inspiratif Pendiri Himpunan Mahasiswa Islam

Tirto Adhi Soerjo, Sang Pelopor Pers di Indonesia

Roehana Koeddoes, Pendiri Surat Kabar Perempuan Sekaligus Jurnalis Perempuan Pertama Indonesia