UTBK, Antara Peluang dan Tantangan Menuju Kampus Impian

Penulis: Indira Rivany

Suara USU, Medan. Ujian Tulis Berbasis Komputer atau kerap kali disebut UTBK serentak dilaksanakan mulai dari 30 April 2024. UTBK sendiri merupakan gerbang penting menuju Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. UTBK pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018 dan mulai dilaksanakan pada tahun 2019. Lantas apakah UTBK merupakan peluang atau tantangan? Atau justru keduanya?

UTBK menghadirkan peluang bagi para calon mahasiswa diseluruh Indonesia. Melalui UTBK, mahasiswa berpeluang untuk menggapai cita-cita mereka dengan menempuh Pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri yang berkualitas. Selain itu, kesempatan yang lebih luas turut diberikan pada seluruh siswa dari berbagai latar belakang yang berbeda untuk bersaing secara adil dalam memperebutkan kursi di PTN. UTBK memberikan peluang kepada calon mahasiswa yang kurang mampu untuk menuju kampus Impian, UTBK sendiri menjamin bahwa calon peserta yang memenuhi persyaratan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) tidak akan dikenai biaya.

Akan tetapi, dibalik tawaran peluang yang luas, hadirnya UTBK juga memberikan beberapa tantangan yang harus dilewati calon mahasiswa. Tantangan utamanya ialah tingkat kesulitan soal-soal yang relatif tinggi dan tak berujung. Soal-soal UTBK yang sengaja dirancang untuk menguji penalaran logis para peserta hingga memerlukan persiapan belajar serta mental yang matang.

Selain sulitnya soal, waktu pengerjaan yang singkat juga menjadi salah satu tantangan hadirnya UTBK. Keterbatasan waktu pengerjaan soal dengan durasi yang relatif singkat, sehingga salah satu kemampuan yang harus dikuasai peserta adalah manajemen waktu yang baik dan memiliki fokus yang tinggi agar dapat menyelesaikan soal-soal dengan tepat waktu. Tantangan lain juga hadir bagi peserta UTBK yang berasal dari daerah terpencil dan daerah yang kurang akses terhadap informasi dan pendidikan yang berkualitas. Hal ini menjadi salah satu kesulitan siswa dalam mempersiapkan UTBK.

Pada intinya, dengan adanya UTBK menghadirkan peluang serta tantangan bagi para calon mahasiswa. Dengan demikian, UTBK tetap menjadi jalur penting untuk meraih cita-cita dan ajang para siswa untuk bertransformasi menjadi mahasiwa di PTN atau kampus Impian. Maka dari itu diperlukan persiapan yang matang sedini mungkin, strategi yang tepat, menjaga kesehatan dan stamina, membangun kesadaran mental yang kuat, melatih ketelitian dan ketepatan dalam pengerjaan soal-soal, rajin mengikuti try out, membuat jadwal belajar yang terstruktur serta menciptakan tempat belajar yang nyaman agar para peserta UTBK dapat meningkatkan peluang mereka agar lolos ke PTN dan kampus Impian.

Sobat Suara USU, ada yang sedang menjalani UTBK? Tetap semangat dan jaga kesehatan serta stamina agar UTBK dapat berjalan dengan lancar dengan hasil yang memuaskan dan sesuai rencana ya, Sobat Suara USU!

Redaktur: Yuni Hikmah

Related posts

Nilai Akademis yang Tinggi atau Pengalaman yang Banyak, Mana yang Lebih Menentukan Karier?

Kita Balas di Semester Depan: Wacana yang Tak Kunjung Terlaksana

Mendekati UAS, Tugas Semakin Ganas: Mengapa?