Mengangkat Tema Mobile Reporting, PJTD Suara USU 2024 Disambut Antusias oleh Peserta

Reporter: Nadira Arfan & Zahra Zaina Rusty

Suara USU, Medan. Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Suara USU 2024 yang diadakan pada 28-29 Juni telah berhasil menarik lebih dari 100 peserta. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai organisasi pers mahasiswa di Medan, termasuk LPM Dinamika UINSU, LPM Teropong UMSU, LPM Neraca Politeknik Medan, dan LPM Kreatif UNIMED. Tak hanya itu, pelatihan ini juga diikuti oleh berbagai UKM Ormawa di lingkungan USU serta mahasiswa umum USU.

Dalam wawancara dengan Amir Muhammad, seorang mahasiswa USU, ia mengungkapkan bahwa tempat pelaksanaan PJTD sangat memadai dan dihiasi dengan ornamen-ornamen yang mencerminkan euforia keceriaan sesuai dengan poster awalnya. Amir juga menambahkan bahwa selama sesi cerdas cermat, keceriaan dari setiap peserta terlihat jelas, menciptakan suasana yang penuh semangat dan interaktif.

Pada kegiatan lomba cerdas cermat, seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan antusias. Pertanyaan yang dilontarkan yaitu seputar materi yang telah disampaikan oleh pemateri-pemateri sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan untuk menguji pemahaman para peserta terhadap materi tersebut.

“Momen yang paling keren adalah saat kelompok kami kerja keras mendapatkan juara 1. Sangat seru dan sangat menginspirasi sekali acara ini,” ucap Rizki Ananda, salah satu anggota kelompok yang memenangkan lomba cerdas cermat.

Menurut Amir, manfaat dari keikutsertaan dalam Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ini sangat signifikan, terutama bagi mereka yang belum memiliki latar belakang jurnalistik.

“Dari awal, memang niat saya ingin mengetahui dunia jurnalistik ini seperti apa dan mengikuti PJTD bisa menjadi langkah awal untuk belajar jurnalistik,” ujar Amir.

Amir menambahkan bahwa pelatihan ini memberikan kesempatan untuk belajar langsung dari praktisi dan akademisi berpengalaman. Menurutnya, pengetahuan dan wawasan yang didapatkan dari para pemateri tidak hanya menambah pemahaman peserta tentang dunia jurnalistik, tetapi juga sangat membantu dalam mempersiapkan diri untuk masa depan karier yang lebih profesional.

Di hari kedua acara, peserta turun ke lapangan untuk melakukan liputan langsung dan menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan. Tempat yang dipilih untuk melakukan kegiatan liputan adalah Istana Maimun. Para peserta ditantang menulis tulisan atau membuat video berdasarkan topik yang telah ditentukan. Dengan kegiatan ini, peserta dapat mempraktikkan langsung materi yang telah disampaikan pada hari pertama dan memahami lebih dalam kegiatan jurnalistik.

Di acara ini, panitia juga menyelenggarakan kompetisi Instagram Story terkreatif yang mengajak para peserta untuk aktif mendokumentasikan momen-momen acara dengan menarik. Kompetisi ini menambah semarak kegiatan dengan mendorong peserta untuk menunjukkan sisi kreatif mereka dalam publikasi di media. Pemenang kompetisi ini diumumkan pada hari kedua acara, yang dimenangkan oleh Jasmine Anastasya Widy dari Pers Mahasiswa Suara USU. Sedangkan penghargaan untuk peserta PJTD teraktif, diberikan oleh Yesi Anastasia dari Pers Mahasiswa Kreatif UNIMED. Kedua penghargaan ini memberikan apresiasi kepada peserta yang tidak hanya belajar, tetapi juga berkontribusi secara aktif dalam menyukseskan pelatihan.

Redaktur: Duwi Cahya Aleida

Related posts

Perayaan Ulang Tahun Suara USU ke-29, Berkolaborasi Membangun Rasa Kekeluargaan

GMKI FH USU Menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dengan Tema Love With Deeds

Model Gigi Berbahan Komposit Plastik Polypropylene Dan Bubuk Cangkang Kerang Darah Sebagai Model Gigi Praktikum