Tim Golden Eagle Bawa Pulang Gold Medal dalam NBPC 3 yang Digelar di Lombok

Reporter: Grace Tondang

Suara USU, Medan. NBPC 3 atau National Business Plan Competition 3 yang mengusung tema “Peran Preneur Muda dalam Membangun Bangsa” sukses mengantarkan nama mahasiswa USU sebagai juara. Kegiatan ini dilaksanakan pada 9-10 Maret 2024 di Universitas Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

National Business Plan Competition (NBPC)  merupakan sebuah perlombaan karya tulis berupa proposal perencanaan bisnis tingkat nasional yang terbuka bagi mahasiswa aktif tingkat S1/Diploma di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini, tim yang menjadi perwakilan USU untuk mengikuti lomba ini adalah Bima (Teknik Kimia) sebagai ketua kelompok beserta beberapa anggota kelompoknya yang terdiri dari Agung Andriyanto Hutabarat (Teknik Kimia), Muhammad Khuwailid (Teknik Kimia), dan Mhd. Rifki Aulia (Akuntansi). Tim yang diprakarsai oleh empat mahasiswa USU ini diberi nama Golden Eagle.

Bima membagikan awal ketertarikannya untuk mengikuti lomba ini, ia mengatakan bahwa alasannya sederhana, ia ingin pergi ke Lombok yang terkenal dengan destinasi wisatanya. Setelah itu, ia mencari tau melalui platform sosial media seperti Instagram mengenai lomba-lomba yang bisa diikuti untuk mendukung mimpinya tersebut. Tak lama, akhirnya ia menemukan event NBPC ini, tanpa ragu Bima mendaftarkan dirinya bersama dengan tim sekelompoknya.

Upaya yang dilakukan Bima dan tim Golden Eagle dalam persiapan mengikuti lomba ini adalah melakukan diskusi rutin bersama tim terkait keberangkatan, termasuk mempersiapkan Power Point beserta video dan poster sebagai tugas yang akan di upload sebagai penilaian. Selain itu, dapat dikatakan tim Golden Eagle mempersiapkan segala hal untuk presentasi ini dalam waktu yang relatif singkat, yaitu H-3 perlombaan.

Sebagai ketua kelompok, Bima, mahasiswa Prodi Teknik Kimia stambuk 2021 menyampaikan beberapa kendala yang mereka alami dalam mengikuti lomba ini, “Kendala yang dihadapi saat mengikuti lomba adalah masalah keuangan kami untuk keberangkatan, mempersiapkan paspor agar semuanya bisa murah karena transit ke Malaysia, pencetakan poster yang berbeda ukuran, kemudian di beberapa kegiatan panitia menjadi slow response karena sedang mempersiapkan lomba,”  jelasnya.

Bima turut menyampaikan kesan yang ia rasakan setelah mengikuti lomba tersebut, “Alhamdulillah semuanya dilancarkan. Luar biasanya di sini memiliki berbagai wisata yang luar bisa. Walaupun hanya saya sendiri yang berangkat menjadi perwakilan dari tim tidak menjadi kendala bagi saya dan Alhamdulillah bisa meraih peringkat Gold Medal mewakili USU,” ungkapnya.

Di akhir wawancara, Bima menyampaikan pesan dan harapannya untuk seluruh mahasiswa/i USU, “Semoga nanti ada event berikutnya dan ada perwakilan lain  dari mahasiswa USU,” tutupnya.

Redaktur: Yuni Hikmah

Related posts

Hadir Kembali Program Beasiswa Unggulan 2024, Catat Info dan Syarat yang Diperlukan

Mahasiswa USU Membuat Inovasi Terbaru Dalam Teknologi Kedokteran Gigi Bernama Actprose

BEM Fakultas Teknik Adakan Pelantikan Setelah Enam Bulan Pemira