USU Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri Tahun Ajaran 2024

Reporter : Katrin Alina dan Nisya Augia

Jalur masuk PTN memiliki beragam metode, salah satunya Seleksi Mahasiswa Mandiri. Setelah diterapkannya jalur masuk SNBP dan SNBT, USU mengumumkan akan segera membuka jalur penerimaan lain yakni seleksi mandiri. Seleksi mahasiswa mandiri adalah jalur seleksi yang dilaksanakan oleh universitas negeri masing-masing dalam penerimaan mahasiswa baru.

Universitas Sumatera Utara tahun ini menyediakan kuota seleksi mandiri sebanyak 2.985 dengan 7 prodi D3 dan 7 prodi D4. Beberapa jalur seleksi mandiri diantaranya SMM USU tiap tahun, SMM PTN-Barat, SBPU, Seleksi PSDKU di luar kampus utama yang kuliahnya di Nias.

Ujian mandiri USU persis sama dengan UTBK. Tahun ini USU membuka 4 pilihan dalam seleksinya dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000. Proses pendaftaran seleksi ini diawali dengan pendaftaran online 24 juni – 14 juli 2024, pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer 17 juli – 18 juli 2024, dan pengumuman hasil 26 juli 2024. Pendaftaran seleksi mandiri dapat dilihat pada link berikut https://seleksi.usu.ac.id/.

Calon mahasiswa penyandang disabilitas, Universitas Sumatera Utara memfasilitasi tempat ujian saja dengan soal ujian yang sama rata. Misalnya tunanetra disediakan alat bantu untuk tunanetra. Setiap tahun, Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan seleksi mandiri untuk calon mahasiswa baru. Tidak ada perbedaan signifikan dalam persiapan seleksi antara tahun lalu dan tahun ini.

“Universitas tetap memastikan keandalan jaringan dan komputer yang digunakan dalam proses seleksi,” ujar Pak Ikhsan Siregar, Direktur Pengembangan. Tindakan pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan transparansi dalam pelaksanaan seleksi mahasiswa mandiri tahun 2024.

Dalam wawancaranya Pak Ikhsan berpesan, “Untuk program studi pilihan itu pilihlah yang prioritas. Prioritas itu perlu, jangan memilih program studi berdasarkan passing grade,”

Redaktur : Evita Sipahutar

Related posts

Perayaan Ulang Tahun Suara USU ke-29, Berkolaborasi Membangun Rasa Kekeluargaan

Mengangkat Tema Mobile Reporting, PJTD Suara USU 2024 Disambut Antusias oleh Peserta

GMKI FH USU Menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dengan Tema Love With Deeds