SUARA USU
Life Style

Apasih Zero Waste Itu?

Oleh : Hanna Letare

SUARA USU, Medan. Zero waste atau bebas sampah merupakan gaya hidup modern yang mengajak kita untuk menggunakan produk sekali pakai dengan lebih bijak untuk mengurangi jumlah dan dampak buruk dari sampah. Tujuannya agar sampah tidak menumpuk dan berakhir di TPA, sehingga kita dapat menjaga sumber daya dan melestarikan alam kemudian pada akhirnya tidak menghasilkan sampah sama sekali.

Seringkali kita tidak sadar jika membeli barang sama saja menghasilkan sampah, khususnya barang sekali pakai. Kita terbiasa melihat iklan-iklan yang menonjolkan gaya hidup konsumtif. Strategi marketing berhasil membuat para konsumen merasa bahwa barang-barang yang dimiliki saat ini tidak cukup dan harus memperbarui jenis atau model barangnya agar tidak dianggap ketinggalan zaman. Selain itu, aktivitas manusia semakin beragam setiap harinya dan semakin banyak juga barang dan produk yang dibeli, sehingga, sampah yang dihasilkan sudah melebihi dari kemampuan alam untuk menyerapnya.

Zero waste bukan konsep gaya hidup yang sempurna, tetapi jangan menjadikan alasan ini untuk tidak memulainya. Jika akan memulainya maka lakukan dari hal-hal kecil seperti, membawa kantongan/tas belanja dari rumah, mengolah sampah dapur sendiri, membawa tumblr dan lunch box ke sekolah/kampus/kantor/ke tempat lainnya. Hal sesederhana ini termasuk bagian gaya hidup zero waste yang dapat kita terapkan dan memiliki banyak manfaatnya jika kita konsisten melakukannya dan ikut ambil bagian dalam menjaga lingkungan.

Saat ini, bumi membutuhkan kita untuk berkontribusi terhadap penanggulangan masalah sampah. Jika tidak dilakukan sekarang, maka konsekuensinya akan dialami oleh anak cucu kita kedepan nanti. Namun, faktanya sangat sulit untuk mewujudkan gaya hidup ini karena keadaan pasar dan ekonomi yang masih linear (beli-pakai-buang). Meski begitu, bukan berarti kalian tidak bisa melakukan apapun untuk mengurangi jumlah sampah. Mari kita mulai dari sekarang!

Redaktur : Tamara Natasya Lubis

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kesiangan Sahur? Ini Tips Agar Tetap Semangat Walau Tidak Sahur

redaksi

Tingkatkan Pemahaman Materi Perkuliahan dengan Penerapan Blurting Method

redaksi

Deep December, Perpisahan dan Patah Hati di Bulan Desember

redaksi