SUARA USU
Kabar Kampus

IMPROSAJA USU Sukses Raih Antusiasme pada Seminar Administrasi Perpajakan Tahun 2023

Reporter: Annisa Fadhilah 

Suara USU, Medan. Ikatan Mahasiswa Program Studi Administrasi Perpajakan (IMPROSAJA) sukses adakan Seminar Administrasi Perpajakan 2023 yang diadakan secara perdana pada Rabu, (15/03). Acara tersebut berlokasi di Gedung Aula Vokasi USU.

Mengusung tema Lapor SPT PPh OP 2023 Melalui E-Filling dan Pemadanan NIK menjadi NPWP, acara ini bertujuan menjadi dukungan bagi para praktisi perpajakan dalam pemenuhan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat sekaligus menambah pembekalan ilmu yang sejalan bagi para Mahasiswa/i khususnya pada Program studi Administrasi Perpajakan.

Pada acara ini, IMPROSAJA mengundang para praktisi pada bidang perpajakan sebagai narasumber untuk mengisi seminar perdana yang mereka selenggarakan yakni Tim Penyuluh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia di bawah naungan Kantor Wilayah Sumatera Utara I.

Seminar ini memiliki 2 sub tema, yang pertama adalah Lapor SPT PPh OP 2023 Melalui E-Filling. Beberapa bulan terakhir, kegiatan sosialisasi dari pihak Direktorat Jenderal Pajak terus mengingatkan dan menghimbau kita untuk segera menjalankan apa yang menjadi kewajiban para wajib pajak, yakni melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan. Dilakukan paling lambat setiap tanggal 31 Maret 2023 untuk wajib pajak orang pribadi dan 30 April 2023 untuk wajib pajak Badan. Pada acara kali ini juga dipaparkan bagaimana tahapan pelaporan SPT dengan menggunakan E-Filling dengan jenis SPT 1770 S.

Sub tema kedua dari seminar ini membahas tentang Pemadanan NIK menjadi NPWP yang merupakan kebijakan baru yang sering disebut Satu Data Indonesia atau Single Indentity Number. Kementrian Keuangan terkhususnya Direktorat Jenderal Pajak mendukung kebijakan Single Indentity Number tersebut melalui pengintegrasian NIK menjadi NPWP. Dan mulai 1 Januari 2024 mendatang, seluruh layanan administrasi perpajakan dan layanan administrasi lain yang membutuhkan NPWP akan menggunakan NIK atau NPWP dengan format baru. Artinya, per tanggal 1 Januari 2024 telah berlaku penuh pengintegrasian NIK menjadi NPWP di seluruh Indonesia.

Lalu mengapa mahasiswa perlu mengikuti seminar ini? Tiffani, selaku penanggung jawab pada kegiatan seminar ini menjelaskan bahwa para mahasiswa harus mengetahui hal-hal mengenai kegiatan administrasi yang berhubungan dengan perpajakan khususnya para mahasiswa yang mendalami jurusan Administrasi Perpajakan. Hal ini juga yang menjadi alasan ataupun latar belakang diadakan nya seminar ini agar dapat menjadi wadah bagi Mahasiswa/I aktif D-III Administrasi Perpajakan untuk lebih mendalami bidangnya.

Tiffani mengaku bahwa antusiasme para tamu undangan serta para audiens sangat baik. Hal itu terbukti dengan terjalinnya komunikasi yang baik antara pemateri dengan audiens. “Mengingat ini adalah seminar perdana yang diadakan oleh IMPROSAJA USU, sehingga kami sangat mengapresiasi hal itu,” ungkapnya.

“Harapan terbesar adalah semoga hubungan kerja sama yang baik dapat terus terjalin dari KPP Pratama Medan Polonia dengan Universitas Sumatera Utara dan juga Himpunan Mahasiswa D-III Administrasi Perpajakan, semoga untuk teman teman tetap aktif untuk menghadiri kegiatan kemahasiswaan yang pasti memiliki segudang manfaat,” tutup Tiffani.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Me-refresh Memori dengan Filter Instagram “Bible Challenge” UKM POMK FKM USU

redaksi

USU Buka Jalur Mandiri dan D III Tahun 2020

redaksi

IMPM Adakan Vaksinasi Dosis-3 Guna Memperkuat Imunitas Tubuh Masyarakat

redaksi