SUARA USU
Entertaiment Film

Incantation, Film Horor Taiwan Pantik Berpikir Keras!

Oleh : Regita Ayuni Putri Ginting

Suara USU, Medan. Apakah kamu penggemar film horor? Sudah menonton “Incantation”? Jika belum, simak ulasan film horor asal Taiwan berikut!

“Apa kau percaya pada berkah? Hou Ho Xiu Yi, Si Sei Wu Ma” -Film Incantation

“Incantation” adalah film bergenre horror found footage asal Negeri Formosa, Taiwan, yang disutradarai oleh Kevin Ko dan rilis secara perdana pada 18 Maret 2022 di Taiwan. Belakangan, Film horor dengan nuansa tradisional Asia ini kembali ramai diperbincangkan. Pasalnya, layanan streaming Netflix merilis film “Incantation” baru-baru ini, tepatnya pada 8 Juli lalu.

Film “Incantation” disebut-sebut terinspirasi dari kisah nyata kejadian pembunuhan aneh yang dialami oleh Keluarga Wu pada tahun 2005 di Kaohsiung, Taiwan. Berlatar belakang kisah nyata, film “Incantation” semakin menarik untuk ditilik.

Dikisahkan Li Ruo nan yang sedang hamil pada 6 tahun lalu telah melanggar tabu agama secara tidak sengaja. Akibat insiden itu, pacar dan temannya meninggal dengan cara tak wajar. Ruo nan mengalami ketakutan berat hingga memberikan anaknya yang telah dilahirkan ke panti asuhan. Setelah bolak-balik ke psikolog, akhirnya 6 tahun kemudian ia memberanikan diri untuk mengambil kembali anaknya dari panti asuhan. Namun sayang, kutukan yang ia temui di masa lalu itu belum juga usai. Lantas ia mulai kembali merekam segala sesuatu agar bisa melihat keanehan yang ia dan anaknya alami serta mencoba menemukan cara untuk menyelamatkan anaknya.

Film ini disajikan dalam visualisasi found footage atau dokumenter, hal ini dapat menambah kesan ngeri pada penonton karena seakan-akan diajak ikut masuk ke dalam ceritanya. Beberapa adegan yang ditampilkan juga mampu membangun perasaan jijik orang yang menontonnya. Ditambah lagi dengan suara-suara aneh dan mantra yang cukup mengganggu membuat film ini semakin terasa horor.

Hal menarik dari film ini adalah adanya mantra yang diucapkan berulang ulang, “Hou Ho Xiu Yi, Si Sei Wu Ma”. Mantra itu melekat dan terngiang-ngiang dalam pikiran penonton bahkan hingga filmnya selesai.

Film ini dibawakan dengan alur maju mundur yang mungkin dapat membuat penonton sedikit kebingungan, namun jika diamati dengan saksama, alur dalam film ini ditampilkan cukup bagus karena on point dan tidak bertele-tele. Terlebih dengan jumpscare di waktu yang tepat, ampuh membuat penonton merinding dan bergidik ngeri.

“Incantation” digadang-gadang sebagai film horor Taiwan terlaris dan tersukses karena berhasil meraup keuntungan 5,7 juta dollar sejak 3 hari rilis. “Incantation” juga mendapatkan 7 nominasi dan memenangkan penghargaan film Taiwan dengan menyabet narasi terbaik dan sutradara terbaik.

Bagi kamu penggemar film horor dokumenter, “Incantation” dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menemani waktu luangmu. Cerita yang unik dan lakon ciamik dari pemerannya dijamin mampu memberikan after taste yang sebelumnya tidak kamu sangka-sangka!

Redaktur: Theresa Hana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Big Mouth, Kisah Seorang Pengacara Bermulut Besar

redaksi

Setelah Dua Tahun Hiatus, The Rose Kembali dengan Album Penyembuhan

redaksi

Menilik Realita Kehidupan Petani Lewat Film Negeri di Bawah Kabut

redaksi