SUARA USU
Uncategorized

Perspektif Mahasiswa USU tentang Pentingnya Peran Mahasiswa di Tengah Masyarakat

Sumber foto: usu.ac.id

Penulis: Amelia Puspita Hilman / Horas S. Pardamean Tambunan / Kh Rifki Amansyah Siregar / Suhardi Olinton Pasaribu / Nadhiya Fahrina / Adrian H.P. Pangaribuan / Yemima Fransiska Hasian Simanjuntak

Suara USU, Medan. Di era globalisasi yang mendunia saat ini, perubahan terus bergerak cepat baik itu dalam produk baru, pasar baru, cara berfikir dan kompentensi baru, serta teknologi yang semakin canggih. Perubahan tersebutlah dapat menjadi peluang atau mungkin bisa menjadi sebuah tantangan dalam menghadapi persaingan-persaingan yang ketat di tengah masyarakat.

Sebagai agent of change mahasiswa diharapkan mampu mengembangan inovasi-inovasi kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Dalam penelitian mahasiswa USU mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan kelas 29 telah melakukan beberapa wawancara kepada mahasiswa usu di beberapa fakultas. Pada wawancara yang dilakukan dengan beberapa sampel dan respoden, mayoritas mahasiswa menjawab seorang mahasiswa harus mampu membawa perubahan yang ada di tengah masyarakat dengan landasan melaksanakan atau bertindak sesuai dengan dasar-dasar nilai pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari serta menjadi pelopor dalam kegiatan-kegiatan sosial, seperti menggalang dana untuk membantu masyarakat kurang mampu, memberikan bantuan kepada korban bencana alam, serta melakukan aksi-aksi yang bermanfaat bagi masyarakat dengan pengetahuan intelektual yang dimiiki oleh mahasiswa USU.

Salah satu mahasiswa pada mata kuliah Kewarganegaraan kelas 29 yaitu Kh Rifki Amansyah Siregar juga berpendapat bahwa pendidikan Kewarganegaraan dapat membantu mahasiswa mewujudkan mahasiswa sebagai agent of change yaitu dengan menanamkan ideologi ideologi pancasila. Melalui penanaman nilai nilai ideologi tersebut, mahasiswa akan menjadi pribadi yang mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga indonesia, membawa perubahan dalam diri untuk mengubah atau memperbaiki tatanan masyarakat dalam negara, serta akan menimbulkan rasa cinta terhadap tanah air dengan menerapkan norma-norma yang harus diterapkan dalam lingkungan masyarakat.

Artikel ini merupakan publikasi tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan Dosen Pengampu: Onan Marakali S.sos., M.si

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca, Menulis, dan Berhitung (CALISTUNG) Serta Sosialisasi Penerapan Etika dan Moral

redaksi

Meningkatkan Minat Belajar dan Kepercayaan Diri Anak Broken Home Melalui Program Kampus Mengajar

redaksi

Melatih Percaya Diri Anak Panti Asuhan Dalam Penggunaan Bahasa Inggris

redaksi