SUARA USU
Kabar Kampus

AIESEC In USU Kembangkan Karakter Kepemimpinan Melalui Program AIESEC Future Leader

Oleh: Divina Marsya Azzahra

Suara USU, Medan. Pemuda adalah pewaris masa depan bangsa dan di tangan pemudalah nasib bangsa ditentukan, sehingga dibutuhkan pemberdayaan untuk melahirkan pemuda dengan sifat kepemimpinan yang baik. Kini AIESEC hadir dengan program unggulannya untuk menjadi wadah dalam mencetak sifat kepemimpinan guna mewujudkan masa depan bangsa yang gemilang.

AIESEC merupakan organisasi kepemudaan terbesar di dunia yang bertujuan untuk mengembangkan potensi kepemimpinan para pemuda. AIESEC sudah tersebar di 127 negara yang terdiri dari 2.400 universitas dan memiliki lebih dari 27.000 anggota di seluruh dunia.

Sesuai dengan tujuannya untuk mengembangkan potensi kepemimpinan, AIESEC kembali menghadirkan program unggulannya yaitu AIESEC Future Leader (AFL) yang dirancang sebagai wadah untuk melahirkan pemimpin masa depan.

AFL sendiri adalah program yang memberikan pembinaan untuk para pemuda melalui sesi coaching pengembangan diri untuk soft skill dan hard skill yang akan dilaksanakan selama 3 bulan, dari April hingga Juni 2023 dan buka pendaftaran mulai dari 18 Februari hingga 3 April mendatang. Program ini menargetkan peserta dari kalangan pelajar kelas 3 SMA dan mahasiswa angkatan 2021 dan 2022 berusia 18 hingga 21 tahun.

AFL menawarkan 7 agenda menarik, yaitu Induction yang merupakan sesi transisi yang diberikan bagi para delegates sebelum memulai weekly session, selanjutnya ada Bi-Weekly Session yaitu sesi pengembangan kemampuan antara peserta dengan speakers pada akhir pekan, berikutnya Coaching Session yang bertujuan untuk melacak seluruh proses sistem pembinaan dan binaan, Local Networking Space berupa sesi diskusi dengan seluruh partisipan AFL dari AIESEC USU, National Networking Space berupa sesi diskusi dengan seluruh partisipan AFL dari seluruh Indonesia, selanjutnya ada Activating Leadership Support berupa sesi untuk menentukan pengalaman kepemimpinan setelah program AFL berakhir, LC Debrief berupa sesi untuk mengulas kembali leadership experience selama 3 bulan, dan terakhir National Graduation yaitu acara kelulusan yang disediakan kepada seluruh partisipan AFL di seluruh LC di Indonesia yang menyelenggarakan program AFL.

Bagi Sobat Suara USU yang tertarik mengikuti program AIESEC Future Leaders segera daftarkan diri melalui tautan http://aiesec.or.id/AFLRegistrationSummer23 dan untuk informasi lebih lanjut bisa diakses melalui http://bit.ly/BookletAFLSummerPeak2023.

Redaktur: Tamara Ceria Sairo

Related posts

Sempat Vakum, HIMABIO Kembali dengan Pelantikan Pengurus Periode 2023/2024

redaksi

Pema FP USU Adakan Rekrutmen Terbuka

redaksi

Bank Indonesia Adakan BIncang Rupawan 2023

redaksi