Membangun Keterampilan Sosial dan Kesadaran Kanker bersama SAPKANDARA Medan

Reporter: Muhammad Fathur Ammar

Suara USU, Medan. Gerakan Sadar Pencegahan Kanker Dari Awal Kota Medan (SAPKANDARA Medan) adakan Capacity building for Social Welfare Student  di Parapat, Sumatera Utara. Acara tersebut mengusung tema “Bersama Menuju Hidup Sehat: Stop Merokok, Mulai Pola Hidup Sehat dan Sadari Kanker”. Kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 6 -7 Mei 2024. Capacity Building tersebut dihadiri oleh mahasiswa Kesejahteraan Sosial Universitas Sumatera Utara.

Kegiatan Capacity Building ini digagas oleh founder sekaligus pembina dari Gerakan Sadar Pencegahan Kanker Dari Awal Kota Medan (SAPKANDARA Medan) itu sendiri yaitu Dra. Erni Asneli Asbi M. Si beliau merupakan salah satu dosen Prodi Kesejahteraan Sosial Universitas Sumatera Utara.

Menurut ketua panitia, kegiatan ini merupakan pembekalan kepada anggota SAPKANDARA Medan agar dapat terampil, berwawasan dan bertindak secara langsung dalam masyarakat. “Tujuan dari adanya kegiatan Capacity Building SAPKANDARA Medan untuk mahasiswa Kesejahteraan Sosial Fisip USU ini sendiri ialah untuk memberikan ilmu sekaligus pelatihan keterampilan Pekerjaan Sosial Medis Profesional bagi Mahasiswa/i Kesos sebelum nantinya turun ke dunia kerja dan menangani klien,” ucap Khaira Nazira selaku ketua panitia.

Pada hari pertama, kegiatan Capacity Building dimulai dengan pemberian materi tentang konsep komunikasi bagi pekerja sosial kepada klien atau masyarakat. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan berbagai games dan perlombaan yel-yel terbaik, dinilai oleh seluruh anggota SAPKANDARA Medan. Pada hari kedua, setelah mendapatkan briefing sebelumnya, seluruh anggota SAPKANDARA Medan pergi ke Kampung Warna-Warni Tigahirit untuk melakukan assessment dan mini riset guna mempraktekkan ilmu yang telah dipelajari sebelumnya.

“ Kondisi lingkungan kampung warna-warni juga masih terjaga kebersihan dan kearsiannya. Selama melakukan wawancara kami belajar bahwa di kampung warna-warni ini berusaha untuk melakukan pengelolaan limbah plastik seperti membuat suatu anyaman dari plastik-plastik,” ucap vannya salah seorang peserta.

Kegiatan diakhiri dengan pengumuman juara  yel-yel kelompok terbaik serta malam renungan yang dipimpin langsung oleh Dra. Erni Asneli Asbi M. Si serta mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan. Beliau menekankan kepada anggota SAPKANDARA Medan untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang di dapat dan tidak hilang ketika selesai kegiatan.

Khaira Nazira selaku Ketua Panitia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat kepada semua anggota SAPKANDARA Medan. ”Kemudian saya juga berharap dari adanya kegiatan ini dapat membangun bonding dan chemistry diantara sesama anggota demi kelancaran agenda dan proyek-proyek SAPKANDARA Medan yang akan dilaksanakan kedepannya,  tujuan akhirnya ialah menunjukan branding dan memperkenalkan SAPKANDARA Medan pada masyarakat luas,” tutupnya.

Redaktur: Feby Simarmata

 

 

 

 

 

Related posts

Hadir Kembali Program Beasiswa Unggulan 2024, Catat Info dan Syarat yang Diperlukan

Mahasiswa USU Membuat Inovasi Terbaru Dalam Teknologi Kedokteran Gigi Bernama Actprose

BEM Fakultas Teknik Adakan Pelantikan Setelah Enam Bulan Pemira