Nahkoda Baru Suara USU, Dominasi Media dalam Aspirasi Mahasiswa

Penulis: Merry Agnus Dei Gultom/Zahra Salsabilla

Suara USU, Medan. Dalam semua organisasi, pergantian pemimpin merupakan sebuah agenda rutin setiap tahunnya. Pemimpin baru akan menggantikan posisi pemimpin lama yang telah mengabdi di tahun sebelumnya. Tentunya, pemimpin yang terpilih setiap tahunnya merupakan orang terbaik yang dapat mengarahkan kemudi organisasi ke arah yang baik.

Sejalan dengan itu, kepemimpinan UKM Pers Mahasiswa Suara USU ikut mengalami perubahan dengan dilantiknya Pimpinan Umum baru menggantikan Pimpinan Umum sebelumnya. Grace Pandora Sitorus terpilih menjadi Pimpinan Umum baru pada periode 2024/2025 menggantikan Pimpinan Umum sebelumnya, Affif Nikki Anwar. Kemudian, posisi Wakil Pimpinan Umum juga turut berganti. Afrahul Fadhillah Parinduri kini menjadi Wakil Pimpinan Umum untuk periode 2024/2025 menggantikan Habibullah Al Maghribi selaku Wakil Pimpinan Umum periode sebelumnya.

Grace Pandora selaku Pimpinan Umum memiliki visi dan misi yang berfokus pada pengembangan Suara USU menjadi lembaga yang unggul dalam bidang jurnalistik. Tidak hanya itu, Grace ingin Suara USU dapat menjadi tempat para anggota untuk berkembang dan menggali kemampuan mereka.

“Visi saya adalah membuat Suara USU menjadi lembaga yang unggul dan inovatif dalam kegiatan kemahasiswaan, khususnya di bidang jurnalistik dan non-jurnalistik dengan memanfaatkan teknologi digital. Misi yang saya usung meliputi pengembangan SDM yang holistik, inovasi dan diversifikasi karya, pembinaan wacana kritis dan kontribusi sosial, serta kolaborasi aktif antar pihak internal dan eksternal,” ucap mahasiswa Fakultas Hukum tersebut.

Rencana Pimpinan Baru Suara USU untuk periode kepemimpinan ini berfokus pada pemberdayaan potensi yang sudah ada dan pengembangannya lebih lanjut. Grace ingin menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi dan kreativitas, sehingga setiap anggota tim dapat mengembangkan bakat dan kemampuan mereka. Rencana strategis termasuk peningkatan kualitas konten, pengoptimalan media yang sudah ada untuk penyebaran informasi, dan pengembangan jaringan kerjasama dengan berbagai organisasi di dalam dan luar kampus turut menjadi bagian dari rencana yang diusung oleh Grace.

Grace dan Afra memiliki rencana dan keinginan yang sangat kuat untuk memimpin Suara USU, dengan fokus pada pemberdayaan dan pengembangan anggota tim serta meningkatkan peran media dalam menyuarakan aspirasi mahasiswa. Rencana yang terfokus pada inovasi, kerjasama, dan pertumbuhan personal dan profesional anggota tim sangat ambisius dan inspiratif. Semua rencana itu tentu disusun untuk mencapai satu tujuan besar yaitu menjadikan Suara USU tidak hanya sebagai media informasi, tetapi sebagai platform untuk advokasi dan perubahan sosial yang positif.

Grace dan Afra memiliki harapan yang sangat besar kepada para kru untuk dapat bekerja sama dengan baik, saling mendukung, dan terus mengembangkan potensi mereka dalam bidang jurnalistik. Selain itu, mereka juga ingin agar UKM Pers Mahasiswa Suara USU dapat menjadi rumah dan wadah tempat para anggotanya untuk berkembang.

Redaktur: Yuni Hikmah

Related posts

Lafran Pane, Sosok Inspiratif Pendiri Himpunan Mahasiswa Islam

Tirto Adhi Soerjo, Sang Pelopor Pers di Indonesia

Roehana Koeddoes, Pendiri Surat Kabar Perempuan Sekaligus Jurnalis Perempuan Pertama Indonesia