Penyuluhan Kesiapsiagaan Gempa Bumi di SD Dharma Wanita Pertiwi : “Ada Gempa, Lindungi Kepala”

Oleh : Ardin/Debora/Irma/Novita/Jelshe/Irene/Maria/Rafael/Elsa/Gilbert

Suara USU, Medan. Kelompok 3 Kelas B stambuk 22 Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat mengadakan penyuluhan kesiapsiagaan bencana gempa bumi kepada siswa Sekolah Dasar (SD) Dharma Wanita Pertiwi, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan pada Selasa (21/05). Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas Project Based Learning (PBL) mata kuliah manajemen bencana yang diampu oleh Fadila Aini,S.K.M., M.Kes dan bertujuan untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan bencana sejak usia dini.

Penyuluhan yang diikuti oleh sekitar 30 siswa ini dilakukan dengan metode yang interaktif. “Kami menggunakan pendekatan yang ramah anak, seperti permainan dan praktek simulasi bencana gempa bumi lewat lagu, agar anak-anak bisa lebih mudah memahami materi yang disampaikan,” ujar Debora selaku Ketua Kelompok.

Selama penyuluhan, mahasiswa memberikan penjelasan mengenai tanda-tanda awal gempa, langkah-langkah evakuasi yang aman, serta bagaimana cara berlindung yang benar saat terjadi gempa. Mereka juga mengajak anak-anak untuk melakukan simulasi evakuasi, sehingga para siswa bisa merasakan langsung bagaimana cara bertindak dalam situasi darurat.

“Aku sekarang tahu kak harus lari ke mana dan berlindung di mana kalau ada gempa,” papar Revan, salah satu siswa kelas 4 SD Dharma Wanita Pertiwi.

Kepala Sekolah SD Dharma Wanita Pertiwi, Izzuddin Marziq, sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Anak-anak sangat antusias dan banyak belajar dari penyuluhan ini. Semoga ke depan bisa lebih banyak kegiatan edukatif seperti ini yang dilakukan di sekolah kami,” tuturnya.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi siswa, tetapi juga sebagai bentuk aplikasi nyata dari ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa di bangku kuliah. “Melalui Project Based Learning, kami bisa menerapkan pengetahuan kesehatan masyarakat secara langsung dan melihat dampak positifnya bagi masyarakat,” tambah Debora.

Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan para siswa SD Dharma Wanita Pertiwi dapat lebih siap dan sigap dalam menghadapi bencana gempa bumi, serta dapat menyebarkan informasi yang mereka dapatkan kepada keluarga dan teman-teman mereka.

Artikel ini merupakan publikasi tugas mata kuliah Manajemen Bencana dengan Dosen pengampu: Fadilah Aini, S.K.M., M.Kes.

Redaktur : Balqis Aurora

 

Related posts

Peran Mahasiswa Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Dalam Bingkai Kebhinekaan

Membangun Kebhinnekaan Indonesia: Tantangan dan Solusi dari Sudut Pandang Mahasiswa

Merajut Toleransi Perbedaan Agama dalam Berburu Takjil di Bulan Ramadan