Representasi Nasionalisme dan Keberagaman Indonesia Melalui Tridaya Exhibition

Reporter: Katrin Alina / Tamia Sakinah Adjani

Suara USU, Medan. Dalam memperingati hari lahirnya Pancasila Lembaga Pers Mahasiswa Kreatif Unimed telah menggelar pameran fotografi dan workshop pada Rabu (05/06) dan Kamis (06/06) di Galeri Baginda Sirait Universitas Negeri Medan. Mengunsung tema ‘Tridaya: wujud nasionalisme melalui Cipta, Rasa, dan Karsa’, Persma Kreatif Unimed mengajak kita untuk melihat wujud nasionalisme disekitar kita melalui karya fotografi jurnalistik.

Tridaya Exhibition merupakan salah satu program pameran fotografi dan worshop dari Persma Kreatif Universitas Negeri Medan. Tema yang di usung pada kegiatan Tridaya exhibition ini menampilkan karya-karya yang menggambarkan semangat nasionalisme melalui beberapa elemen utama yaitu keberagaman, keadilan, dan musyawarah.

Persma Kreatif mengadakan pameran pertamanya tahun ini, mereka telah mempersiapkan acara ini selama lebih dari sebulan. Pameran ini bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi terhadap Pancasila, meningkatkan kesadaran akan nilai-nilainya, dan memperkuat solidaritas serta identitas nasional di tengah keberagaman. Karya-karya yang disajikan dalam pameran mencerminkan nilai-nilai dari lima sila Pancasila.

Workshop yang dibawakan oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) membawa materi mengenai ‘Dasar-dasar Fotografi Jurnalistik’. Dalam materinya memberikan pembelajaran tentang cara memotret dengan baik, serta cara membedakan antara foto jurnalistik dan foto lainnya. Materi ini dipilih karena tidak semua foto memiliki makna jurnalistik yang sama.

Selain workshop, pameran ini juga dimeriahkan dengan kegiatan hunting, senandika, puisi, dan koreografi. Harapannya ialah pameran ini akan berkelanjutan di tahun-tahun mendatang. “Sebagai mahasiswa yang terbiasa dengan keberagaman budaya baik budaya Indonesia maupun budaya Barat, semoga kita tetap pada budaya dan keberagaman kita,” harap Grace dari Persma Kreatif Unimed.

Sebagai penutup, ketua pelaksana menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia Tridaya Exhibition yangtelah bekerja keras selama dua hari untuk menyukseskan acara tersebut. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan delegasi yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sambil memohon maaf jika masih ada kekurangan dalam penyelenggaraan acara.

Redaktur: Khalda Mahirah Panggabean 

Related posts

Mengangkat Tema Mobile Reporting, PJTD Suara USU 2024 Disambut Antusias oleh Peserta

Menikmati Musik Skena Pada Konser Antar Lintas Skena

GMKI FH USU Menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dengan Tema Love With Deeds