Tanpa Pemira, BEM Vokasi USU Lakukan Regenerasi


Reporter : Zalfaa T.
Suara USU, Medan. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Vokasi Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan regenerasi kepengurusan untuk periode 2024/2025 tanpa pemilihan raya (Pemira). Para pengurus baru ditunjuk berdasarkan kaderisasi dari kepengurusan sebelumnya dan turut diseleksi oleh pihak dekanat.

Jovito Wijaya, Ketua Umum BEM Vokasi 2024/2025, menyatakan bahwa BEM Vokasi menerima pemberitahuan dari BEM USU untuk segera melakukan regenerasi kepengurusan selambat-lambatnya pada tanggal 28 Juni 2024.
Waktu yang tersisa dianggap tidak memungkinkan untuk melangsungkan Pemira. Kepengurusan 2023/2024 melakukan kaderisasi dan seleksi hingga pelantikan yang hanya memakan waktu dua pekan saja, sebuah periode yang sangat singkat untuk proses regenerasi BEM. Pihak dekanat mengetahui bahwa pergantian tongkat kepengurusan kali ini tidak melalui proses Pemira dan menyetujui kaderisasi karena waktu yang sudah terdesak

Dr. Drs. Husni Thamrin M.Si, Wakil Dekan I Fakultas Vokasi, saat diwawancarai, menekankan agar regenerasi segera dilaksanakan BEM Sekawasan termasuk Fakultas Vokasi untuk mendukung kelengkapan Pemilihan Raya BEM USU 2024 nanti.

Beliau juga menyinggung soal BEM Vokasi periode sebelumnya yang vakum. Menurutnya, selain keterbatasan waktu, kondisi vakumnya BEM 2023/2024 menjadi salah satu alasan Pemira sulit dilakukan

“Kalau kita dari pimpinan fakultas sebenarnya dari sifat karena kevakuman yang ada selama ini, makanya kita tidak mungkin melahirkan Ketua BEM kita itu dari hasil Pemira, jadi dari kaderisasi,” tutup Wakil Dekan I Fakultas Vokasi.

Redaktur: Feby Simarmata

Related posts

Perayaan Ulang Tahun Suara USU ke-29, Berkolaborasi Membangun Rasa Kekeluargaan

Mengangkat Tema Mobile Reporting, PJTD Suara USU 2024 Disambut Antusias oleh Peserta

GMKI FH USU Menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dengan Tema Love With Deeds