Wajah Baru Kepengurusan RUMNET Periode 2024/2025

Reporter: Rahma Vina & Sandrina Nasution

Suara USU, Medan. Sabtu (01/06), RUMNET Yayasan Muda Satu Abdi telah menyelenggarakan pelantikan periode 2024/2025 di Lazeez Café tepatnya di Jalan Durung No.114, Siderejo Hilir, Kec. Medan Tembung. Pada kepengurusan ini, telah dinyatakan Muhammad Alfath Lubis sebagai Presiden RUMNET dan Mu’ammar Rifqi sebagai Wakil Presiden RUMNET periode 2024/2025.

Selain mengadakan pelantikan, RUMNET juga merayakan ulang tahunnya yang ke-5. Adapun tamu yang berhadir dalam acara ini diantaranya, Dewan Pengawas Umum Yayasan Muda Satu Abdi, Ketua Yayasan Muda Satu Abdi, Pengurus Yayasan Muda Satu Abdi, Presiden dan Wakil Presiden RUMNET periode 2023/2024, serta para tamu undangan dan relawan RUMNET.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan doa, dilanjutkan dengan pembacaan ikrar sumpah jabatan kepada pengurus baru periode 2024/2025, kata sambutan Presiden RUMNET demisioner 2023/2024, kata sambutan Presiden RUMNET 2024/2025, serta arahan dari Ketua Yayasan Muda Satu Abdi.

Dalam kata sambutannya, Mukhlis Tri Mulya sebagai Presiden RUMNET 2023/2024, memberikan harapannya kepada pengurus RUMNET periode 2024/2025 agar dapat lebih berkembang, berdedikasi dan bermanfaat oleh banyak kalangan.

“Regenerasi sangat penting, dan kami sangat berterima kasih atas partisipasi teman teman dalam satu periode sebelumnya, serta kami ucapkan semoga lebih bermanfaat dan lebih berdedikasi dalam pengabdian, karena kami tahu pengurus periode 2023/2024 masih banyak yang harus diperbaiki, maka dari itu kami berharap pada pengurus periode 2024/2025 nantinya RUMNET dapat lebih baik, berkembang serta bermanfaat untuk orang banyak,” ujar Mukhlis

RUMNET adalah suatu wadah untuk memperkenalkan teknologi kepada masyarakat-masyarakat di desa. Awalnya RUMNET diberi nama ‘Rumah Internet’ namun banyak orang salah mengartikan hal tersebut sehingga digantikan menjadi RUMNET. Tujuan utama RUMNET adalah agar masyarakat desa, khususnya anak-anak, menyadari keberadaan teknologi dan memahami bahwa teknologi tidak hanya digunakan untuk media sosial saja, tetapi juga dimanfaatkan untuk pembelajaran.

Fokus RUMNET adalah pengabdian yang memberikan pengalaman kepada anak-anak tentang bagaimana belajar menggunakan animasi. Target untuk relawan RUMNET adalah pemuda se – Sumatera Utara khususnya Kota Medan yang bisa menetap selama pengabdian ke desa. Program kerja utama RUMNET adalah pengabdian. Namun, sebelum kegiatan pengabdian dimulai, para relawan diberikan bekal berupa pelatihan dan pengarahan. Dalam tahap ini, pengurus akan memberikan panduan kepada relawan mengenai berbagai hal yang akan dilakukan selama pengabdian. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap relawan siap dan memahami tugas-tugas yang akan mereka jalankan, sehingga kegiatan pengabdian dapat berjalan dengan optimal.

“Saya berharap semoga program kerja RUMNET terus berjalan terutama bagi anak desa untuk bisa merasakan pendidikan yang baik dan pengabdian ke desa tidak berhenti di dusun kurandak karang gading saja tapi bisa meluas ke daerah daerah terpencil lainnya,” ujar Rafikah Utami selaku Ketua Yayasan Muda Satu Abdi.

Presiden RUMNET periode 2024/2025, Muhammad Alfath, juga menyampaikan harapan untuk kepengurusan di masa jabatannya. Beliau ingin agar relawan dapat melakukan pengabdian yang lebih luas, tidak hanya terbatas pada satu desa, tetapi juga dapat ke desa-desa lainnya, misalnya seperti daerah-daerah di Brastagi. Selain itu, Alfath juga memberikan pesan kepada para relawan RUMNET untuk senantiasa menebar kebaikan.

“Pesan untuk relawan RUMNET, di mana pun setelah tidak menjadi relawan lagi harus tetap menyebarkan kebaikan bukan hanya di desa saja, karena kita bisa menebar kebaikan di mana pun kita berada,” tutup Alfath.

Redaktur: Duwi Cahya

Related posts

Menikmati Musik Skena Pada Konser Antar Lintas Skena

Temilreg FoSSEI Sumbagut oleh KSEI FoSEI USU 2024, Dorong Generasi Muda Pahami Ekonomi Syariah

KPK RI Launching Kelas Pemuda dan LSM Antikorupsi