SUARA USU
Kabar Kampus

Antusias Para Mahasiswa Dari Berbagai Universitas di Indonesia Dalam Mengikuti Kegiatan Accounting Intelligence Fair

Reporter : Crisanta Aritonang/Jenita Haloho/Iliana Raihana

Suara USU, Medan. Kegiatan AIF (Accounting Intelligence Fair) sudah dilaksakan pada 24/11 secara  online dan pada 16-17 November 2023 secara offline. Acara yang di gelar selama tiga hari ini dilaksanakan dengan tiga rangkaian acara yang berbeda-beda, yaitu Technical Meeting Finalis (Online), tahap final, dan Awarding Night (Offline) serta di ikuti oleh para Mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia.

AIF merupakan rangakain kegiatan yang membangun intelektual melalui perlombaan seputar bidang akuntansi yang terdiri dari Olimpiade Akuntansi Nasional  atau Action (Accounting National Comperition), lomba karya tulis ilmiah Nasional atau Consern (Competition of National Accounting Economic trough Innovation) .

Kegiatan Action dan Consern mulai di laksanakan mulai dari bulan Agustus 2023 mulai dari tahap pendaftaran, penseleksian dan grand final pada 16 November 2023 dengan rincian pendaftar dari 9 Provinsi yang mengikuti yaitu, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Bali, Sulawesi Selatan, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Namun yang berhasil lolos ke tahap Final sebanyak 6 Provinsi yaitu, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas dari Sumatera Barat, Universitas Trisaksi dari DKI Jakarta, STIE Bandung dari Jawa Barat, Universitas Muhammadiyah Surakarta dari Jawa Tengah dan UPN Veteran Yogyakarta.

Selanjutnya acara Seminar Nasional atau Accounting Insigh Forum (Ansifor) dengan tema Navigating The Future: Technology, Accounting, and Business dilaksanakan pada 17 November 2023 dengan rincian sebanyak 203 peserta diluar panitia yang juga di hadiri dari dilegasi dari Universitas-universitas di Kota Medan.

Salah satu peserta seminar, Alfian Firmasyah yang merupakan mahasiswa PMM dari Universitas Pattimura Ambon. “Temanya yang sangat menarik untuk kita anak Akuntansi untuk mencari tau lebih mendalam lagi tentang akuntansi itu sendiri seperti penerapan ARP, baik itu tentang investasi itu seperti apa dan sebagainya sesuai dengan perkembangan zaman“, ucqp Alfian. “Yang menarik menurut aku salah satunya itu adalah narasumbernya yang di datangkan benar-benar yang berkompeten. Selain itu topik yang di bahas yaitu tentang Navigating yang membahas tentang era industry 4.0 yang semuanya menjadi otomatis misalnya akuntansi yang pencatatannya sudah bisa di masukkan ke dalam sebuah sistem“, sambung Syifa Salsabila M mahasiswa PMM dari STIE Sutaatmadja Subang.

Selanjutnya acara terakhir adalah kegiatan Awarding Night (malam penghargaan) bagi para pemenang perlombaan kegiataan AIF yaitu Action dan Consern. “Saya sendiri mengikuti perlombaan ini karna ingin menambah pengalaman saya dan juga ingin memanfaatkan kesempatan selagi dilaksanakan di kampus dan prodi sendiri”, ujar Indah Putri pemenang lomba Action dari Universitas Sumatera Utara dan temannya R Auzikri juga mengakatan “Benefit yang paling besar kami dapatkan tentunya adalah pengalaman, serta lewat perlombaan ini kami bisa mengasah ilmu yang telah kami dapatkan di bangku perkuliahan”.

Tak Hanya Mahasiswa dari USU, Fania M, Ardiansyah, Bagas Tirtasya dari Universitas Muhammadiyah Surakarta ikut mengambil bagian dan berhasil menang dalam kegiataan Consern. “Tujuan kita mengikuti kegiatan ini sebenarnya untuk meningkatkan kegiatan kita di bidang akademik salah satunya di paper. Benefit yang kami dapatkan tentunya kami bisa menambah relasi serta meningkatkan pengetahuan kita dalam menulis, tentunya kami sangat senang memiliki kesempatan untuk ada di sini dan bertemu dengan orang-orang yang ramah juga orang orang medan”. Tutur mereka.

“Harapan kami untuk acara kedepannya semoga acara AIF bisa semakin berkembang dan untuk panitia AIF selanjutnya dapat lebih mempersiapkan kembali rangkaian acara yang ingin di laksanakan agar sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan”, tutup para peserta sekaligus pemenang perlombaan.

Redaktur : Yohana Novriyanti Lumbanbatu

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Bersiap Adakan Perkuliahan Tatap Muka, USU Adakan Vaksinasi Serentak

redaksi

Free Pads Tersebar di Beberapa Toilet Fakultas USU: Bentuk Kepedulian terhadap Sesama Perempuan

redaksi

Mengabdi dan Bersilaturahmi Lewat IMIKS Berbagi!

redaksi