SUARA USU
Kabar Kampus

Accounting Intelligence Fair 2023 Menjadi Wadah Bagi Mahasiswa di Indonesia dalam Meningkatkan Jiwa Kompetitif

Reporter : Crisantha Aritonang/Jenita Haloho/Iliana Raihana

Suara USU, Medan. Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) FEB USU telah menyelenggarakan acara “Accounting Intelligence Fair” (AIF) yang berlangsung dalam dua sesi yaitu sesi pertama dilaksakan secara online pada 14 November dan secara offline pada 16-17 November. Acara yang di gelar selama tiga hari ini dilaksanakan dengan tiga rangkaian acara yang berbeda-beda, yaitu Technical Meeting Finalis (Online), tahap final, dan Awarding Night (Offline).

AIF merupakan rangakain kegiatan yang membangun intelektual melalui perlombaan seputar bidang akuntansi yang terdiri dari Olimpiade Akuntansi Nasional  atau Action (Accounting National Comperition), lomba karya tulis ilmiah Nasional atau Consern (Competition of National Accounting Economic trough Innovation) . Kegiatan ini mengangkat dua tema dengan tema utama “Shaping The Future of Accounting” dan acara Seminar Nasional atau Accounting Insigh Forum (Ansifor) yang mengangkat tema “Navigating The Future: Technology, Accounting, and Business”  yang memiliki arti untuk menjadi seorang akuntan di masa depan kita perlu untuk memahami teknologi dan juga ruang bisnis. Tujuan diadakannya acara AIF ini adalah untuk menambah wawasan bagi mahasiswa dan meningkatkan jiwa kompetitif mahasiswa dalam bersaing.

Dalam acara seminar Ansifor, AIF menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Ady Putra Sinambela (Asisten Evaluasi dan Monitoring PTPN-III), Johan NB Nababan (Direktur perencanaan dan Pengembangan bisnis PT. Kilang Pertamina Internasional) dan Ferdinan Sihombing (Trainer-BEI Kantor perwakilan Sumut).  Bapak Dr. Fadli, S.E.,M.Si. yang merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU ikut memberikan kata sambutan dalam acara seminar AIF. “Untuk para mahasiswa ini merupakan kesempatan untuk meperoleh insight terkait updeting terumata dalam bidang accounting, penerapan teknologi, dan kolaborasi dengan mitra dunia usaha dan dunia industry” ucapnya.

Selanjutnya pada kegiatan Awarding Night (malam penghargaan) yang diawali dengan dinner AIF yang dihadiri para panitia AIF, para finalis dari masing masing lomba action dan concern dan dosen dari prodi S1 Akunatansi FEB USU, dilanjut dengan acara puncak yaitu pengumuman pemenang, dan di tutup dengan acara hiburan dari peserta serta panitia AIF.

Ketua Pelaksana kegiatan AIF Muhammad Sakha Admaja mengakatan, ”Tahun ini merupakan tahun perdana pelaksanaan acara ini dari Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA), dan banyak sekali kendala pada awalnya. Karena ini merupakan acara perdana, sebelumnya kami masih belum memiliki referensi sama sekali, dan pada ujungnya kami memutuskan untuk membuat apa yang ingin kami lakukan. Saya sendiri sangat senang menjadi ketua panitia karena dapat bertemu dengan delagasi-delagasi dan bisa bertukar ilmu dengan mereka”.

“Perjuangan kami tidak akan sampai di sini saja, harapan saya untuk seluruh panitia khususnya untuk para panitia stambuk 2022 bisa melanjutkan AIF di tahun depan dengan stambuk 2023 nantinya, dan pesan saya untuk para delagasi bantu kami untuk terus memperkenalkan AIF ini keseluruh pihak di Indonesia” tutup Muhammad Sakha Admaja.

Redaktur : Yohana Novriyanti Lumbanbatu

 

Related posts

USU Gelar Geladi Resik Wisuda Luring Pertama

redaksi

TSA MEDAN Gelar Webinar Bertemakan Elevate Climate Mindfulness

redaksi

Amnesty Chapter USU Buka Rekrutmen Anggota Baru

redaksi