SUARA USU
Uncategorized

HIPMI PT USU Akhiri Rangkaian Rekrutmen dengan Seminar Edukasi

Reporter: Khaira Nazira

Suara USU, Medan. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi USU (HIPMI-PT HSU) telah mengadakan Seminar Edukasi Legalitas dalam Berbisnis dan Kewirausahaan bagi Mahasiswa. Acara ini dilangsungkan di Inter Caffe pada Sabtu, (27/05). Acara ini sekaligus menutup rangkaian rekrutmen HIPMI-PT USU.

HIMPI sendiri adalah wadah bagi Mahasiswa yang ingin berwirausaha namun tidak mewajibkan mahasiswa tersebut lebih dulu mempunyai usaha, jadi bagi mereka yang mempunyai jiwa kewirausahaan namun berkendala di permodalan, relasi, ataupun dipelatihan HIPMI PT USU hadir untuk membantu.

Ryal Syahputra Plt. Ketua HIPMI-PT SUMUT dalam sambutannya menyampaikan bahwa HIPMI adalah tempat yang tepat untuk belajar dan berjejaring. “Kalau temen-temen mau jadi pengusaha ini (HIPMI) sudah jadi jalan yang tepat untuk jadi tempat belajar dan tempat berjejaring. Untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan, dan semoga juga mengembangkan bisnis temen-temen yang sudah ada. Kalau bisa lebih besar lagi,” ujarnya.

Pada acara ini pula, dilangsungkan wawancara 75 calon anggota yang nantinya jika lolos akan menjadi anggota dari HIPMI-PT USU. Namun sebelum itu, terlebih dahulu dilakukan seminar dengan 2 pemateri MY.F Hafidz Nasution S.H., LL.M dan Ade Jona Prasetyo, S.H. M.M.

Pada materi seminar pertama MY.F Hafidz Nasution S.H., LL.M selaku Ketua STIH Graha Kirana sekaligus praktisi hukum memaparkan membahasannya mengenai cara membuat usaha dan resiko yang mungkin terjadi apabila sebuah sebuah bisnis tidak mencapai legalitas yang berlaku Ketika dalam pelaksanaanya. Legalitas bisnis dinilai perlu ditanamkan sejak dini, agar ketika bisnis sudah semakin besar tidak terjadi masalah terkait legalitas.

Selanjutnya pada materi kedua Ade Jona Prasetyo S.H.M.M yang merupakan Ketua Umum BPD HIPMI Sumut menyampaikan pandangannya mengenai mengapa pentingnya mahasiswa harus belajar berwirausaha dan mengapa pentingnya setiap pengusaha harus mempunyai sikap loyalitas. Ade Jona juga mengajak anak muda dan mahasiswa untuk mulai berbisnis dan berwirausaha tanpa harus mengedepankan rasa malu dan gengsi.

Fajar Pratama selaku ketua umum HIPMI PT USU menyampaikan harapannya mrlalui acara ini.

“Harapannya acara ini tidak hanya menjadi acara sekali jadi saja. Calon-calon anggota yang tadinya masuk tetap bisa sampai akhir bersama HIPMI. Kita tau di organisasi ini kan ada seleksi alam, kadang mereka tiba-tiba males, tiba-tiba menghilang. Kita harapkan 75 anggota yang nantinya akan diinterview bisa lulus semua dan sampai ke depannya nanti tetap berjuang bersama HIPMI,” pungkas Fajar sebagai harapannya.

Menurut penuturan Abdul selaku Ketua Panitia sekaligus Ketua Bidang I OKK HIPMI-PT USU, rangkaian rekrutmen belangsung selama satu minggu dimulai dari tahapan berkas kemudian ditutup dengan kegiatan seminar sekaligus wawancara ini.

Ketika ditanya mengenai target penerimaan, Abdul mengungkapkan, “Target kita sih kalau bisa semuanya lolos.”

“Kualitas, kuantitas, semuanya kita pikirkan. Apalagi kan nggak mungkin kalau kita batasi yang ingin mulai berwirausaha ataupun belajar. Karena kita di sini bukan hanya untuk yang punya usaha aja, namun yang ingin belajar ya kita ajarkan di sini,” lanjut Abdul.

Terakhir, Abdul turut menyampaikan harapannya dari kegiatan ini. “Harapannya semakin banyak yang melirik bahwasanya usaha sekecil apapun itu harus kita perjuangkan. Jangan melihat hasil, namun proses. Kita nikmati proses, pasti kita akan mendapatkan hasilnya. Terlebih lagi kita masih di wirausaha, di mahasiswa, ya gak muluk-muluk kita usaha UMKM kecil-kecilan. Toh yang penting kita memiliki usaha sendiri, kita bukan bekerja di bawah kendali orang, bukan di bawah tekanan orang,” pungkasnya.

Redaktur: Anna Fauziah Pane

 

 

 

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pentingnya Upaya Mahasiswa dalam Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan

redaksi

Pengaruh Media Sosial Terhadap Integrasi Bangsa Dalam Era Globalisasi

redaksi

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini untuk Mencegah Anak Putus Sekolah

redaksi