SUARA USU
Kabar Kampus

Departemen Pengabdian Masyarakat FK USU Adakan Penyuluhan Bertema “Happy Life, Healthy Lifestyle”

Reporter: Grace Angel

Suara USU, Medan. Departemen Pengabdian Masyarakat FK USU telah mengadakan penyuluhan yang dilaksanakan di SD Swasta Fajar MDA Tarbiyatul Akhlak pada Sabtu, (10/06). Adapun tema yang diangkat pada penyuluhan ini adalah “Happy Life, Healthy Lifestyle”.

Penyuluhan ini merupakan hasil kolaborasi antara Mahasiswa membina dan Bulan Bakti CE ISMKI yang merupakan program kerja dari Departemen Pengabdian Masyarakat PEMA Fakultas Kedokteran USU. Disisi lain, Bulan Bakti merupakan program kerja turunan dari Community Empowerment (CE) ISMKI yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia oleh masing-masing Pengmas Institusi dengan tema dan waktu yang sudah ditentukan oleh CE. Tahun ini, Bulan bakti mengangkat tema kesehatan mental.

Soraya selaku Ketua Departemen Pengabdian Masyarakat FK USU menyampaikan tujuan dari diadakannya kegiatan ini. “Kolaborasi antara Mabina dan Bulan Bakti ini didasarkan atas banyaknya masyarakat yang masih kurang peduli dengan kebersihan lingkungan, pemilahan sampah, serta kaitannya dengan kesehatan mental. Oleh karena itu, kami tergerak untuk melaksanakn kegiatan ini dengan sasaran siswa sekolah dasar agar mereka mengetahui sejak awal cara menjaga lingkungan dan peduli terhadap kesehatan mental mereka,” ujarnya.

Kegiatan diawali dengan senam pagi agar para siswa lebih ceria dan bersemangat. Kemudian siswa diberikan edukasi mengenai kebersihan lingkungan dan hubungannya dengan kesehatan mental yang disampaiakan langsung oleh dr. Vita Camellia, M.Ked (KJ), Sp. KJ.

Setelah itu para siswa diberikan edukasi lagi mengenai pemilahan sampah yang disampaikan oleh salah satu anggota Mabina. Di penghujung kegiatan, para siswa diajarkan membuat prakarya dari barang bekas.

Soraya menyampaikan harapannya setelah terselenggaranya kegiatan ini. “Setelah kegiatan ini, diharapkan dapat menambah wawasan siswa SD Swasta Fajar dan lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan demi terjaganya kesehatan mental. Semoga kegiatan ini dapat menjadi pemantik semangat adik-adik siswa SD Swasta Fajar untuk terus semangat belajar untuk meraih cita dan dapat mengembangkan potensi diri mereka,” pungkasnya.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Sosialisasi Literasi Media di Panti Asuhan Yayasan Rumah Bakti Kasih Anak, Jaga Etika dalam Interaksi Dunia Maya

redaksi

Sepi Pembeli, Begini Nasib Penjual Taiso USU Pada Masa Pandemi

redaksi

Kasus Ditutup, KPUM Beri Jawaban Resmi Terkait Kasus Pemukulan Saat PEMIRA

redaksi