SUARA USU
Kabar Kampus

Mahasiswa USU Berhasil Ciptakan Terobosan Baru Untuk Kesehatan Gigi Anak

Penulis: Athaya Sabina 

Suara USU, Medan. Dalam upaya menghadapi prevalensi karies gigi yang tinggi di kalangan anak-anak Indonesia, tim PKM-KC Modentca yang beranggotakan Nuraini Aqikah Putri dan Miftahul Muthmainnah Rizani (FKG), Andrian Putra Ramadan dan Herzinanda Putra (Fasilkom-TI), serta Athaya Sabina Nasution (FF) dengan bimbingan drg. Kholidina Imanda Harahap, M.DSc, menciptakan terobosan luar biasa dengan meluncurkan “Modentca: Monitoring Dental Caries”. Situs web inovatif ini mengusung konsep gamifikasi dalam bentuk Progressive Web Apps (PWA) yang akan mengubah cara anak-anak dan orang tua memandang pentingnya perawatan gigi secara teratur.

Data yang dirilis pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa sekitar 81,5% anak usia 3-4 tahun dan 92,6% anak usia 5-9 tahun di Indonesia mengalami masalah karies gigi. Ini adalah masalah serius yang memerlukan solusi yang inovatif dan efektif.

Modentca, singkatan dari “Monitoring Dental Caries,” memadukan teknologi GIS (Geographic Information System) dengan fitur-fitur canggih seperti kariogram, laman pemantauan perawatan gigi, dan galeri edukasi karies (Ekagi). Aplikasi ini bertujuan untuk membantu anak-anak membangun kebiasaan menyikat gigi secara teratur sambil memberikan alat yang efektif kepada orang tua dan petugas Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) untuk memantau dan mengevaluasi perilaku anak-anak dalam mencegah karies.

Salah satu aspek yang paling menonjol dari Modentca adalah pendekatan gamifikasinya. Dengan menggabungkan elemen permainan ke dalam perawatan gigi, anak-anak akan merasa terlibat dan termotivasi untuk merawat gigi mereka dengan baik. Fitur-fitur seperti penghargaan dan tantangan akan menjadikan menyikat gigi sebagai hal yang menyenangkan, bukan tugas yang membosankan.

Selain itu, Modentca juga memberikan data persentase anak-anak yang rutin menyikat gigi di seluruh Indonesia, yang dapat membantu pemerintah dan lembaga kesehatan untuk merencanakan program-program pencegahan yang lebih efektif. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mencapai target “Indonesia Bebas Karies 2030” dan Konsep Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dengan poin ketiga yang menyoroti pentingnya kesehatan bagi semua usia.

Modentca dapat mewujudkan generasi bebas karies di Indonesia yang merupakan langkah besar menuju masa depan di mana anak-anak Indonesia akan tumbuh dengan senyum cerah dan gigi yang kuat.

Redaktur: Tania A. Putri

Related posts

Sukses Adakan Pensi, KKNT-R Desa Sipira Berhasil Wujudkan Belajar dan Berkarya di Desa!

redaksi

UKM PMM USU Sukses Adakan Kegiatan Donor Darah ke-9 Kalinya

redaksi

Delegasi FH USU Sukses Meraih Juara 1 Dalam Lomba Debat KTN Billy Nobile & Associates Law Firm

redaksi