SUARA USU
Kabar Kampus

Peduli Kemanusiaan Palestina, Bidang PTKP HMI FH USU Adakan Aksi Galang Dana

Reporter: Grace Pandora Sitorus

Suara USU, Medan. Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan, dan Pemuda (PTKP) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) menginisiasi Aksi Galang Dana Peduli Palestina pada Rabu, (25/10). “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada saudara-saudara Muslim di Palestina yang telah mengalami berbagai kesulitan akibat konflik berkepanjangan antara Palestina dan Israel,” kata Muhammad Akbar Sihotang, pengurus HMI FH USU.

Menurut Muhammad Akbar, peristiwa-peristiwa brutal yang terjadi di Palestina, di mana ribuan warga Palestina, termasuk anak-anak, tempat ibadah, dan rumah sakit, menjadi sasaran serangan, telah melanggar prinsip-prinsip Konvensi Jenewa yang menetapkan perlindungan terhadap warga sipil selama konflik. Kondisi tersebut mendorong Bidang PTKP HMI FH USU untuk melakukan aksi galang dana sebagai bentuk solidaritas dan upaya mendukung masyarakat Palestina.

Aksi Galang Dana Peduli Palestina ini dilakukan dengan cara turun langsung kepada relawan dan para donatur. Awalnya, penggalangan dana dimulai di lingkungan Fakultas Hukum USU dengan menyampaikan orasi dan mengajukan permohonan sumbangan. Selanjutnya, aksi dilanjutkan di simpang Dr. Mansyur di depan pintu satu USU dan di simpang Rumah Sakit Siti Hajar. Selain turun aksi, HMI FH USU juga menyediakan flyer berisi QR Code (QRis) bagi mereka yang ingin memberikan donasi dari kerabat, keluarga, atau masyarakat.

Tidak ada target dana yang ingin dicapai dalam kegiatan ini. Jumlah donasi yang terkumpul didasarkan pada sumbangan sukarela dari relawan dan donatur. Namun, pihak HMI FH USU sudah memaksimalkan pengumpulan dana di setiap titik aksi.

HMI FH USU menjalin kerjasama dengan Dompet Dhuafa sebagai penyalur dana yang akan disalurkan langsung ke Palestina. Setelah aksi ini dilaksanakan, dalam waktu satu hari, donasi yang terkumpul akan diserahkan kepada Dompet Dhuafa, yang nantinya akan mengalirkannya ke Palestina.

Aksi ini menjadi wadah untuk mengungkapkan ketidaksetujuan terhadap tindakan yang melanggar nilai-nilai kemanusiaan dan Konvensi Jenewa yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina.

Kegiatan aksi ini melibatkan pengibaran bendera Palestina sebagai bentuk dukungan kepada Palestina. Namun, tidak ada kegiatan khusus yang diselenggarakan, karena tujuan utama adalah menggalang dana untuk membantu saudara-saudara Muslim di Palestina.

Dana yang terkumpul diharapkan dapat digunakan sebaik mungkin untuk membantu saudara-saudara Muslim di Palestina, baik dalam bidang kesehatan maupun penyediaan makanan. HMI FH USU mengajak semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan jiwa sosial dan kemanusiaan, tanpa memandang agama, suku, atau etnis, karena ini adalah tentang kemanusiaan dan jiwa sosial kita.

Redaktur: Tamara Ceria Sairo

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

PEMA Fpsi Adakan Edukasi Seksual dan Pedofilia Bagi Anak Sekolah Dasar

redaksi

Delegasi FH USU Sukses Raih Juara 1 dan “Best Speaker” dalam Civic Law Debate Competition di Universitas Pendidikan Ganesha

redaksi

Digelar Secara Daring, Pusat Bahasa USU Adakan Tes TOEFL ITP

redaksi