SUARA USU
Life Style

Sukses Menjadi Mahasiswa Aktif

Foto: okezone.com

Penulis : Agus Nurbillah

Suara USU, MEDAN. Sebagai mahasiswa tentunya kamu memiliki kewajiban serta disibukkan dengan berbagai kegiatan, mulai dari kuliah, praktikum, organisasi maupun kegiatan lainnya di luar kampus. Menjadi seorang mahasiswa aktif dengan IPK tinggi dan lulus tepat waktu sesuai keinginan menjadi dambaan banyak mahasiswa. Namun menjadi sukses bagi seorang mahasiswa bukan hanya diukur dari indikator akademis saja. Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan untuk menjadi mahasiswa sukses di kampus.

Mengapa mahasiswa harus aktif ?

Kamu akan tahu jika kamu salah

Akan menghabiskan banyak waktu jika kamu terlalu sibuk bercerita hal-hal yang tidak penting dengan temanmu dibandingkan mencoba meluruskan pemahamanmu dengan materi perkuliahan. Berpartisipasi di kelas dan aktif berkomunikasi dengan dosen serta bertukar pendapat dengan teman-teman seputar perkuliahan akan membantumu mengetahui lebih lanjut tentang apa yang kamu pikirkan serta kekurangan apa saja yang harus kamu perbaiki.

Itu waktu serta uangmu, jangan sia-siakan !

Intinya kamu membayar untuk dapat duduk di kelasmu saat ini walaupun sekarang ini masih pembelajaran jarak jauh. Jika kamu hanya diam dan membiarkan waktumu terbuang, maka itu adalah sebuah kerugian. Pergunakan segala kesempatan yang ada untuk membangun dirimu. Terlebih yang harus kamu ingat adalah orang tuamu yang sudah memberikan segala dukungannya agar kamu bisa berkuliah seperti sekarang ini.

Melatih kemampuan berbicara

Ketika pertama kali mulai berpartisipasi, mungkin terasa sangat sulit. Apalagi bagi kamu yang pemalu dan tidak percaya diri. Berpartisipasi di kelas mungkin tampak mengintimidasi dirimu, tetapi semakin sering kamu melakukannya, akan semakin mudah bagimu untuk menjadi seorang yang interaktif. Tidak ada yang menilaimu lebih keras daripada dirimu sendiri.

Lantas, bagaimana cara menjadi mahasiswa aktif itu ?

Melansir dari www.dkampus.com, terdapat beberapa cara untukmu agar bisa menjadi mahasiswa aktif serta mampu memaksimalkan masa kuliahmu.

  1. Aktif di kelas

Menjadi mahasiswa yang banyak tanya mungkin di antara sebagaian mahasiswa menganggap bahwa ia bodoh, padahal tidak seperti itu. Rasa penasaranmu akan timbul jika kamu kurang memahami materi perkuliahan, dan inilah proses belajar serta memahami materi itu sendiri. Ketika dosen bertanya atau berbicara mengenai materi perkuliahan, itu saatnya seorang mahasiswa beraksi. Biasakan untuk selalu peduli dengan materi perkuliahan yang diberikan dosen. Berusahalah menjadi seorang mahasiswa yang aktif di kelas, bukannya cari perhatian ke dosen.

  1. Ikut organisasi

Organisasi menjadi wadah bagi kamu untuk menemukan banyak hal serta belajar dari berbagai sumber yang baru. Seorang mahasiswa  yang aktif tentunya tidak akan tertinggal dengan yang namanya organisasi, baik itu di dalam maupun di luar kampus. Ini menjadi nilai plus bagi mahasiswa dibandingkan dengan mahasiswa yang pasif, hanya sekadar belajar mengikuti perkuliahan saja. Banyak keuntungan untuk kamu jika mengikuti organisasi, kamu dapat mengasah kemampuanmu berbicara di depan umum, menyampaikan pendapat, diskusi, mengatasi masalah, membentuk karakter pribadimu, serta menemukan relasi yang lebih luas.

  1. Rajin eksplorasi

Kamu perlu mengeksplorasi bakat serta minat yang ada dalam dirimu. Ikuti berbagai perlombaan, baik itu akademis maupun non akademis di berbagai tingkatan. Kamu juga bisa mengikuti berbagai seminar atau pelatihan dari kampus maupun luar kampus untuk mengasah kemampuanmu serta menemukan wawasan baru yang tidak kamu temukan selama berkuliah. Selain itu, kamu juga bisa menjadi sukarelawan atau mengikuti program magang sebagai bekal untukmu sebelum menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

  1. Buka buku dan banyak membaca

Orang-orang hebat di luaran sana tentunya sukses dengan membaca buku. Ini menjadi syarat bagi kamu jika ingin menjadi seorang mahasiswa yang aktif juga sukses. Membaca berarti membuka jendela informasi yang dapat menghubungkan kita dengan dunia. Tidak hanya buku, informasi terbaru juga bisa kamu dapat dengan membaca berita di Koran, majalah, e-book, dan lainnya. Salah satunya seperti Suara USU yang menghadirkan informasi seputar kampus dan berbagai rubric informasi lainnya.

  1. Manajemen waktu dan skala prioritas

Mengatur waktu dan membuat skala prioritas merupakan hal yang sangat penting bagi kesuksesan seorang mahasiswa. Kamu harus memiliki jadwal yang tentunya harus kamu jalankan agar kamu menjadi disiplin. Kamu harus dapat menyeimbangkan antara kebutuhan jiwa dan raga. Mulai dari melaksanakan kewajiban kamu sebagai seorang yang beragama dengan solat lima waktu serta melaksanakan ibadah lainnya, dan memenuhi kebutuhan fisik seperti memakan makanan yang sehat, olahraga, dan lainnya serta sesekali pergi berlibur.

Terakhir dan terpenting, selalu berdoa bersamaan dengan ikhtiar dan tawakal yang tertanam kuat dalam diri kita. Teruslah melakukan perbaikan dan evaluasi agar hari ini selalu lebih baik dari kemarin. Tetap semangat beproses menjadi seorang mahasiswa yang aktif dan sukses, karena masa depan kita ditentukan dengan apa saja yang telah kita lakukan hari ini dan hari sebelumnya. Jadilah seorang aktivis yang mampu memberikan kontribusi serta perubahan, baik bagi diri sendiri, lingkungan, maupun Bangsa Indonesia tercinta !

Redaktur : Yulia


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Rayakan Semarak Lebaran 2024 dengan Pakaian Berbahan Shimmer

redaksi

Mengenal Tradisi Berbagi Hampers pada Bulan Ramadhan

redaksi

Jus atau Smoothies? Simak Bedanya Berikut Ini

redaksi