Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Tanpa Kepastian, Bantuan Keringanan SPP/UKT USU Dipertanyakan

Penulis: Dian Febriyanti

Suara USU, Medan. Penyaluran bantuan keringanan UKT/SPP bagi mahasiswa USU yang terdampak pandemi, dinilai tak efektif oleh sebagian mahasiswa.

Pasalnya, banyak mahasiswa yang telah mendaftar sesuai prosedur, hingga kini belum juga mendapatkan kejelasan tentang keringanan uang kuliah tersebut.

Puput Aryani, salah satu mahasiswi Fisip USU yang ikut mendaftar bantuan keringanan UKT, hingga kini mempertanyakan tentang kejelasan bantuan yang tak kunjung didapatkannya.

“Sekarang yang saya pikirkan itu, kalau pun enggak diringankan ya sudah enggak masalah. Yang penting Billing Statement itu bisa diakses lagi, besok bisa bayar uang kuliah dan bisa bayar ke bank sebelum tutup,” tegas Puput.

Pada beberapa hari lalu, mahasiswa yang mendaftar keringanan SPP/UKT dianjurkan mengakses kembali laman https:/bkk.ac.id. Untuk pembaharuan informasi dalam kelengkapan data yang perlu dipenuhi.

Namun hingga kini, pengumuman keringanan UKT tersebut belum juga diterima oleh sebagian mahasiswa.

Berdasarkan Surat Edaran No. 8379 UN5.I.RI /SPB/2020 yang diedarkan pada 14 September lalu, menyebutkan bahwa Perpanjangan pembayaran SPP/UKT diperpanjang kembali hingga tanggal 18 September 2020.

Alih-alih jadi kabar baik, sebagian mahasiswa malah resah dan gamang akan nasib uang kuliahnya di semester ini.

Mahasiswa lainnya, Imam Andrean, mengaku kecewa akan sikap USU yang dinilai kurang tegas. Menurut Imam, banyak mahasiswa USU lainnya yang juga ikut menunggu keputusan bantuan tersebut.

Imam juga menceritakan, ketika dirinya pada beberapa waktu lalu menanyakan langsung kepastian bantuan ke Biro Rektor USU, ia malah tak mendapatkkan informasi sesuai yang diharapkan. Alih-alih mendapatkan penjelasan, Imam malah merasa terkasan diacuhkan.

“Waktu ke Birek mau nanya kepastian bantuan itu, orang-orang di Birek malah buang badan. Tanya sana tanya sini disuruh mereka. Akhirnya aku gak dapat penjelasan apa-apa,” lanjut Imam.

Kejelasan bantuan keringanan UKT ini sampai saat ini tentu masih sangat diharapkan mahasiswa. Bahkan di laman instagram resmi USU @official.usu juga sering terlihat komentar mahasiswa dan mahasiswi USU yang mempertanyakan kepastian bantuan keringanan UKT/SPP bagi yang terdampak pandemi ini.

Redaktur Tulisan: Kurniadi

Related posts

USU Buka Jalur Mandiri dan D III Tahun 2020

redaksi

Pengumuman Hasil Seleksi Beasiswa BBM 2020

suarausu

Pelantikan Pengurus IMBA “Mewujudkan Generasi IMBA yang Ukhuwah Islamiah, Produktif, dan Intelektual”

redaksi