SUARA USU
Life Style

Simak Tips Menabung Unik dengan Metode Tanggal Terbalik

Reporter: Sinta Alfila

Suara USU, Medan. Hidup hemat dengan keuangan yang baik adalah sesuatu yang banyak orang harapkan, mempunyai tabungan yang bisa dipakai di masa depan menjadi gambaran yang menyenangkan untuk sebagian orang. Tapi sayangnya, keinginan itu hanya harapan belaka karena banyak dari kita yang hidupnya terlalu boros karena kontrol keuangannya kurang baik. Nah, membiasakan diri menabung merupakan satu langkah yang bisa di coba untuk mengontrol keuangan dengan baik.

Banyak metode menabung yang bisa sobat suara usu gunakan dalam menyisihkan sebagian uang, salah satunya metode menabung yang unik dan jarang sekali orang tahu, yaitu menabung dengan metode tanggal terbalik. Apa sih itu menabung dengan tanggal terbalik? Mari simak penjelasannya berikut.

Menabung dengan tanggal terbalik adalah konsep menabung dengan jumlah uang mengikuti angka pada tanggal, metode menabung ini cukup sederhana yaitu dengan memasukkan uang dalam celengan atau wadah yang sudah ditempelkan kalender dari tanggal 1 sampai 30 atau 31. Tanggal menjadi patokan berapa uang yang harus di tabung perharinya, artinya uang yang dimasukkan ke dalam tabungan harus rutin setiap hari.

Sebut saja semisalkan hari ini tanggal 1 maka uang yang ditabung Rp 1.000. Adapun besok saat tanggal 2 ditabung Rp 2.000, besoknya lagi tanggal 3 ditabung Rp 3.000 begitu seterusnya sampai di akhir bulan. Dalam metode ini, sobat suara usu memprioritaskan menabung sebagai langkah pertama sebelum menghabiskan uang untuk pengeluaran lainnya.

Sebelum mulai menabung, sobat suara USU bisa mentukan jumlah pengeluaran terlebih dahulu, menentukan jumlah pengeluaran adalah langkah pertama yang harus dilakukan agar menabung tetap konsisten nantinya. Sobat suara usu bisa menentukan jumlah pengeluaran agar tahu berapa uang yang bisa di tabung, sehingga menabung tidak menjadi beban.

Kemudian membuat kalender untuk menabung, sebelum mulai menabung sobat suara usu bisa membuat kalender sebagai pengingat untuk menabung. Misalnya tanggal 1 di ubah menjadi 1k, kemudian tanggal 2 menjadi 2k, dan seterusnya mengikuti tanggal sampai akhir bulan.

Hitung jumlah yang ingin di tabung untuk mencapai tujuan tertentu, sobat suara usu perlu membuat perkiraan tentang berapa lama menabung dan berapa besar tabungan yang perlu sobat suara USU kumpulkan setiap periodenya. Metode menabung dengan tanggal terbalik ini membantu sobat suara usu untuk mencapai target menabung dengan cepat dan membangun kebiasaan menabung setiap harinya.

Namun perlu diingat bahwa setiap orang memiliki situasi keuangan yang berbeda, jadi sangat penting untuk menyesuaikan metode ini dengan kebutuhan dan kemampuan sendiri. Ayo biasakan menabung sedari sekarang sobat suara USU.

Redaktur: Muhammad Keyvin Syah

Related posts

Proses Seleksi dan Rekrutmen pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

redaksi

Ayo Jaga Lingkungan dengan Sustainable lifestyle!

redaksi

Kecanduan Dengan Smartphone, Bahaya Loh!

redaksi