SUARA USU
Kabar Kampus

Ujian Mandiri USU Semakin Dekat, Camaba Simak Tips Berikut Ya!

Oleh : Raja K / Evita Sipahutar

Suara USU, Medan. Setelah jalur SNBP dan SNBT, Universitas Sumatera Utara membuka Seleksi Mandiri (SMMPTN) dengan beberapa jalur. Seleksi Mandiri sendiri adalah sistem penerimaan mahasiswa di PTN secara mandri oleh masing-masing PTN. Dalam proses seleksi mandiri, beberapa perguruan tinggi dapat menggunakan tes khusus menggunakan nilai UTBK, nilai rapor, serta prestasi baik akademik maupun non-akademik.

USU menyediakan kuota seleksi mandiri sebesar 40% dengan beberapa jenis mandiri yang diberikan oleh USU. Adapun beberapa jenis seleksi mandiri yang diberikan oleh USU yakni seleksi mandiri yang dikelola oleh USU sendiri berlangsung pada tanggal 15 s/d 21 Juli dan akan diumumkan pada tanggal 27 Juli 2023. Kedua, SMMPTN- Barat seleksi jalur mandiri bersama 25 PTN di wilayah Barat.

Ketiga, seleksi mandiri bersifat Internasional untuk mahasiswa Malaysia yang akan mendaftar pada Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Kedokteran Gigi. Keempat, seleksi mandiri berbasis talenta untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi dibidang olahraga, seni, dan kerohanian. Dan kelima, seleksi mandiri melalui Program Studi di Luar Kampus Utama untuk 2 program studi Fakultas Pertanian yang merupakan bentuk kerja sama USU dengan Kab. Nias Utara untuk membantu daerah tersebut.

Pininta Sinaga salah satu mahasiswa Keuangan memberikan tips dalam mempersiapkan ujian mandiri.

“Saya pribadi selain mengikuti bimbel yang memberikan soal-soal, saya juga ada mengikuti try out sebelum menuju ujian. Selain itu, saya juga melihat soal-soal dari YouTube yang memang berhubungan sama universitas yang saya tuju dan ada sharing bersama mentor di bimbel bersama guru, serta yang paling diutamakan berdoa. Satu hari sebelum persiapan, saya juga mempersiapkan berkas pendaftaran dan surat pernyataan kepala sekolah yang menandakan bukti kelas 12 (angkatan 2022),” ungkap Pininta.

Abdurrahman Putra, salah satu mahasiswa dari Fakultas Kehutanan USU jalur SMMTN 2022 memberitkan beberapa tips untuk mepersiapkan diri dalam mengikuti seleksi mandiri, yaitu:

1. Wajib mengetahui alur seleksi mandiri, mulai dari pembuatan akun, kelengkapan berkas dan melakukan pembayaran via banking.

2. Kemudian fokus menghadapi ujian. Kita harus mempersiapkan diri mulai dari perbanyak membaca, pelajari soal-soal terkait seleksi masuk perguruan tinggi.

3. Yang terakhir jangan lupa untuk berdoa. Optimis dengan semua usaha kita dan hasilnya kita serahkan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

“Jalur mandiri ini mungkin merupakan jalur terakhir bagi adik-adik calon mahasiswa yang akan masuk USU. Jadi, usahakan agar dapat melaksanakan segala alur seleksinya dengan bersungguh-sungguh dan lebih teliti dalam menjawab soal ujian,” pungkas Abdurrahman.

Selain mempersiapkan materi secara matang. Ada salah satu hal yang tidak kalah penting menurut M. Agustian Syahputra yang merupakan Mahasiswa Fakultas Kehutanan jalur SMMPTN 2022.

“Dalam menghadapi seleksi mandiri masuk Perguruan Tinggi Negeri sangat diperlukan kesiapan kesehatan yang baik. Kesehatan fisik maupun mental sangat berpengaruh dalam menjawab soal ujian yang akan dihadapi karena dengan kesehatan yang baik akan mendukung kita supaya dapat fokus ketika menjawab soal sehingga mendapatkan hasil yang optimal,” ujar Agustian.

Redaktur: Anna Fauziah Pane

 

 

 

 

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pema FPSi Buka Pendaftaran Volunteer Psikologi Peduli

redaksi

Ketua Umum Terpilih HMJ D-III Akuntansi, Tarves Malau Ungkap Harapan dan Resolusinya

redaksi

Usai Gelar Rekrutmen Terbuka Kepanitiaan DESCHIEN dan NASCOM, Ini Harapan PEMA Fkep USU!

redaksi