Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Masuk 10 Besar Peminat Terbanyak SNMPTN 2021, Mahasiswa Harap USU Tingkatkan Keterbukaan Informasi!

Oleh: Angel Sisilia Pane, Indah Yulinda Lubis

Antusias mahasiswa baru untuk mendaftar jalur SNMPTN mengantarkan Universitas Sumatera Utara masuk ke dalam 10 besar peminat SNMPTN 2021.  Peminat untuk tahun 2021 ada sebanyak 34.086 orang, jumlah ini meningkat dari tahun 2020 yang hanya berjumlah 20.859 orang.

Berdasarkan data yang diperoleh, daya tampung mahasiswa jalur SNMPTN yang akan diterima Universitas Sumatera Utara pada tahun 2021 ada sebanyak 2.133 mahasiswa baru. Sedangkan total peminat SAINTEK adalah 22.763 orang dengan Prodi peminat terbanyak FARMASI dengan 1.882 peminat dan untuk SOSHUM, total peminat sebanyak 11.323 orang dengan Prodi terbanyak program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 2.236 orang.

Kurang lebih ada sebanyak 7.500 mahasiswa yang akan diterima oleh USU sebagai Mahasiswa Baru 2021 yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, dan D3.

“Ya seneng sih, gak nyangka juga bisa masuk ke urutan 10 besar. Padahal kalo diliat-liat masih beda jauh sama jajaran 10 besar lainnya,” ungkap Putri mahasiswa FMIPA 2019.

Masuknya USU ke dalam 10 besar peminat SNMPTN 2021 berarti bahwa USU telah dipandang baik oleh orang baru diluar sana.

“Dengan diklasterkannya USU ke dalam 10 PTN terfavorit di Indonesia, menjadi sebuah tolak ukur keberhasilan USU dalam mengejar dan mewujudkan visi dan misi mulia yang jauh dari dulu sudah dibangun di Univeristas ini. Menjadi yang terdepan tidak lah mudah dan mempertahankannya sangatlah sulit. Dengan konsistensi dan melihat secara komperhensif serta sinergitas yang baik, pastinya USU bisa mepertahankan prestasinya dan bahkan meningkatkannya lebih lagi. Perlu diharapkan seluruh stakeholder mampu membangkitkan iklim Universitas yang baik dan tentu kita sebagai mahasiswa juga ikut serta didalamnya. Jadilah yang terdepan dan tetap pancarkan sinar USU,” ungkap Griffin mahasiswa FISIP 2020.

Walaupun banyaknya peminat mahasiswa baru yang ingin menempuh pendidikannya di kampus hijau ini, namun banyak dari mahasiswa USU yang masih khawatir dengan sistem pelayanan USU sendiri. Mereka masih merasa banyak hal yang harus dibenahi USU untuk bisa mempertahankan pencapaian dan mendapat perhatian dari orang baru.

“Dengan banyaknya peminat, harusnya USU lebih lagi meningkatkan keterbukaan informasi mengenai sistem administrasi kampus, misalnya informasi beasiswa dan tata cara permohonan keringan UKT. Hal-hal seperti itu saya rasa masih belum maksimal,” ungkap Yovira mahasiswi Agribisnis 2018.

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Syawalul Amri dan Era Baru KAM Rabbani

redaksi

USU Persiapkan Vaksinasi Massal untuk 20.000 Mahasiswa

redaksi

Kuliah Umum Kewirausahaan : Antara Kebijakan Kampus Merdeka dan Tantangan Berwirausaha Bagi Mahasiswa.

redaksi