LinkedIn, Media Sosial untuk Membangun Karier Profesional

Oleh: Siti Annisa

Suara USU, Medan. Ingin memperluas networking? Pernah dengar apa itu LinkedIn? Linkedln merupakan sebuah situs jejaring sosial atau wadah yang berfokus pada karier dan profesionalisme. Media sosial yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk membagikan pengalaman, memperluas networking, dan mencari pekerjaan.

LinkedIn juga bisa dimanfaatkan sebagai platform personal branding bagi siapapun penggunanya. LinkedIn adalah platform online yang juga menghubungkan para profesional di bidang karier.

Berikut beberapa langkah untuk memulai di LinkedIn:

  1. Membuat profil: Profil Linkedln yang lengkap akan merangkum pengalaman profesional untuk diperlihatkan kepada koneksi terkait, perusahaan saat ini dan masa depan, serta perekrut. Melalui profil, kita dapat menampilkan kehidupan profesional, pencapaian, keterampilan, dan minat diri kita.
  2. Membangun jaringan: Jaringan berperan penting dalam membuka perjalanan karier seseorang, di mana dapat membantu memahami apa yang terjadi di industri dan lingkungan profesional. Kita bisa mulai dengan menambahkan keluarga, teman sekolah, teman hang out, circle pertemanan, dan rekan kerja ke jaringan/network kita. Kita dapat menggunakan fitur “Acara Linkedln” untuk membuat dan bergabung dengan acara profesional seperti lokakarya online, seminar, acara penjualan dan pemasaran, acara networking, dan banyak lagi.
  3. Mencari pekerjaan: Jika kita sedang mencari peluang profesional baru, kita bisa mulai mencari pekerjaan di LinkedIn. Kita dapat menggunakan LinkedIn untuk meneliti perusahaan dan menjangkau komunitas perekrutan. Kita juga dapat melamar peran secara langsung, menyimpan pencarian pekerjaan, dan memberi tahu koneksi dan perekrut bahwa kita terbuka untuk peluang kerja.
  4. Berpartisipasi dalam percakapan: Kita dapat dengan mudah berpartisipasi dalam percakapan di LinkedIn. Berpartisipasi dalam percakapan memungkinkan untuk berbagi perspektif tentang isu dan topik yang relevan dengan orang lain yang terhubung dengan kita. Kita dapat menyukai dan mengomentari postingan dan artikel di LinkedIn, juga dapat membuat atau bergabung dengan Group di Linkedln untuk terhubung dan berkembang dengan anggota yang memiliki minat dan pengalaman yang sama dengan kita. Hal ini dapat memperluas networking seperti tujuan di awal tadi
  5. Konten postingan: Jutaan pengguna menggunakan LinkedIn setiap hari untuk saling terhubung, belajar, dan berbagi satu sama lain. Kita dapat memberdayakan dan mendidik lingkaran profesional dengan konten yang kita posting di LinkedIn. LinkedIn memberikan kebebasan bagi para pengguna untuk berekspresi ditambah dengan dorongan fitur yang disediakan. LinkedIn memberikan ruang untuk berkreasi sekreatif mungkin untuk menarik perhatian dan minat pengguna lain terhadap konten yang kita sajikan.

Mulai sekarang ayo pakai LinkedIn untuk peningkatan karier yang lebih cemerlang. Sobat Suara USU bisa memiliki akses ke banyak lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan pengalaman, kesempatan pengembangan karier, dan dukungan dari sesama pengguna lainnya. Selamat mencoba!

Redaktur: Tamara Ceria Sairo

Related posts

Kebiasaan Mengunyah Es Batu, Beri Dampak Serius untuk Kesehatan

Tetap Terhidrasi di Tengah Kesibukan dengan Infused Water

Yuk Intip Tips Mencapai Keseimbangan Akademik dan Sosial!