SUARA USU
Kabar Kampus

Angkat Tema Investasi di Usia Muda, AIESEC in USU Kembali Adakan Impact Circle

Penulis: AIESEC in USU

Suara USU, Medan. Pada tahun 2023, AIESEC in USU kembali mengadakan Impact Circle kelima dengan mengangkat tema “Ignite YOUth’s Future : Investing at Young Age, Why Not?” pada sabtu (27/05/2023).

Acara ini dihadiri 363 peserta yang bertujuan untuk mendukung dan mengimplementasikan point Sustainable Development Goals (SDGs) pada pilar ke-4 yaitu kualitas pendidikan dan pilar ke-8 yaitu kerja layak dan pertumbuhan ekonomi. Acara Impact Circle 5.0 kali ini mendatangkan dua narasumber yaitu M. Pintor Nasution selaku Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara dan Jeffrey Angkasa selaku Direktur Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Sumatera Utara.

Pemaparan Materi Mengenai Pentingnya Investasi Bagi Pemuda Oleh M. Pintor Nasution

Pintor selaku Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara membawakan sesi yang berjudul “Investment : Why is It Important?”. Pintor membuka sesi dengan membahas posisi Gen-Z dan Millennial merupakan jumlah penduduk tertinggi di Indonesia serta berbagai masalah ekonomi yang dihadapi anak muda pada saat ini sehingga sudah seharusnya mempersiapkan diri sedini mungkin untuk berinvestasi.

Menurut Pintor uang memiliki dua mata pisau yang berbeda, uang bisa memberikan kesenangan namun juga uang bisa memberikan kesulitan atau masalah. Maka dari itu perlu bagi anak muda untuk belajar mengenai investasi sejak sekarang, Pintor juga menegaskan ulang bahwa investasi itu tidak harus mengenal usia, investasi bisa dilakukan oleh siapa saja dan salah satu investasi bagi anak muda adalah pasar modal.

Pintor juga menerangkan mengapa penting untuk melakukan investasi sejak sekarang, karena nilai uang akan turun seiring berjalannya waktu. Pintor menegaskan bahwa investasi merupakan konsep jangka panjang, maka dari itu sebelum memulai investasi diperlukan pengetahuan yang mumpuni terkait investasi yang kita lakukan. Tak lupa Pintor juga menerangkan terkait ciri-ciri investasi bodong agar kita dapat menghindarinya dan tips untuk melakukan investasi bagi pemula. Sesi pintor ditutup dengan interaksi dengan peserta dalam sesi tanya jawab.

Talkshow Interaktif Terkait Cara Mengetahui Langkah Berinvestasi bagi Anak Muda Bersama Jeffrey Angkasa

Pada sesi kedua ini membahas beberapa hal terkait pengertian investasi dan urgensinya bagi pemuda serta membahas mengenai dampak serta keuntungan yang dirasakan oleh Jeffrey setelah ia berkecimpung di bidang finansial.

Selain itu ia juga memaparkan mengenai motivasinya berkecimpung dalam dunia finansial dan investasi serta bagaimana hambatannya. Sebagai seseorang yang telah berkecimpung dalam dunia investasi maka Jeffrey juga menjelaskan banyaknya miskonsepsi terkait investasi dan bagaimana tahapan dalam untuk memulai investasi serta perencanaan keuangan. Sesi talkshow juga ditutup dengan sesi tanya jawab dengan peserta.

Dengan berakhirnya Impact Circle 5.0, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pemuda dengan munculnya kesadaran terkait pentingnya memulai investasi di usia muda dan bagaimana investasi dapat berdampak dalam hidup mereka. Para pemuda juga diharapkan dapat menyebarkan dampak positif melalui sosial media dengan menyebarkan Call to Action Impact Circle 5.0 untuk membangkitkan kesadaran para pemuda melalui event ini.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kolaborasi SGC USU, MDD dan Aruni Simetrikal Berhasil Lolos Pendanaan PHP2D 2021!

redaksi

SCORA PEMA FK USU Adakan Webinar Kesehatan Mental dan Upaya Penurunan Penularan Covid-19

redaksi

Pentingnya Pelatihan Literasi Digital Bagi Remaja Era Digital

redaksi