SUARA USU
Kabar Kampus

Antara Offline dan Online, Pelantikan Pengurus KSEI FoSEI USU Terlaksana dengan Sakral


Reporter: Salsa Ghina

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ekonomi Syariah KSEI FoSEI telah sukses melaksanakan pelantikan pengurus barunya pada Jumat (19/2). Pergerakan yang terbatas di kala pandemi tak menjadi halangan untuk mengundang banyak hadirin selama prosesi tersebut. Terlebih saat ini sudah sangat berkembang aplikasi video konferensi yang dapat digunakan seraca bebas. Namun, pertemuan tatap muka juga tetap dilaksanakan berbarengan dengan acara virtualnya.

”Mahasiswa di masa pandemi merasa kurang memiliki identitas, ada mahasiswa yang sudah lulus di USU tapi tidak merasa bahwasanya dia itu mahasiswa USU. Jadi, identitas itulah yang kami coba dudukkan ke mahasiswa terutama pengurus FoSEI sehingga nantinya mereka merasa benar-benar menjadi mahasiswa dan kader dari organisasi kemahasiswaan,” ujar Said selaku Ketua Umum UKM KSEI FoSEI periode 2021.

Lebih lanjut, mahasiswa jurusan akuntansi itu juga mengungkapkan bahwa acara dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan social distancing. Sementara meskipun sebagian pengurus dilantik secara online, tetapi hal tersebut tidak mengurangi rasa sakral selama agenda berlangsung.

“Diutamakan yang hadir secara offline adalah pengurus inti, sedangkan pengurus biasa kami tidak memaksakan datang apalagi yang tinggalnya di luar kota. Tapi alhamdulillah kemarin ramai yang hadir, termasuk dewan pembina dan almuni juga hadir,” tambahnya.

Dua hari setelah pelantikan, yakni hari Minggu (21/02) diadakan pula upgrading dengan tema “Ngos-Ngosan secara bersamaan offline di Taman Cadika Medan, sekaligus online via Zoom. Said mengatakan bahwa pemateri baik offline dan online adalah sama, inventaris yang disediakan memadai sehingga tidak ada hambatan dalam penyampaian materi. Satu yang tidak bisa diselaraskan yaitu saat sesi games dan ice breaking.

Said juga menegaskan bahwa meskipun semua kegiatan terkait perkuliahan dilakukan daring, namun pasti tetap membutuhkan sisi-sisi offline agar ada keterikatan yang lebih antara pengurus yang lama dengan pengurus yang baru.

”Semoga, ya, harapan kedepannya walaupun dengan kondisi seperti ini, FoSEI USU tetap menjadi UKM yang solid dalam kepengurusannya, tetap memiliki rasa kekeluargaan, dan ada sense of belonging antaranggota,” tutupnya.

Redaktur: Yulia Putri Hadi

Related posts

Ini Strategi Ketua UKM di USU Ketika Work From Home

redaksi

Hanya 1 Paslon di PEMIRA FT, Antusiasme Mahasiswa Teknik Sedikit?

redaksi

Tingkatkan Pariwisata Indonesia, HMPI USU Melakukan Aksi Tanam Bunga

suarausu