SUARA USU
Kabar Kampus

Begini Alur Meminjam Buku di Perpustakaan USU, Mahasiswa Baru Harus Tahu!

Oleh: Kania Haura Chalisaturahmi

Seperti peribahasanya “buku adalah jendela dunia”, keberadaan buku teks diharapkan dapat membantu mahasiswa agar mendapatkan wawasan yang lebih luas serta terpenuhinya kurikulum yang sudah ditetapkan. Di perkuliahan sendiri, buku digunakan sebagai media untuk mempermudah dosen dalam mengajarkan dan menyampaikan materi. Adanya urgensi para dosen yang menganjurkan referensi dari buku bacaan tentang materi kuliah, menghadapkan para mahasiswa untuk mencari dan mendapatkan buku-buku tersebut. Beruntungnya, USU sendiri memiliki salah satu perpustakaan yang terlengkap di Sumatera Utara.

Perpustakaan USU dilengkapi oleh beberapa fasilitas yaitu area lobby, area loker, area baca tertutup dan terbuka, ruang konferensi, ruang literasi informasi, ruang rapat, ruang dosen dan peneliti, mesin fotocopy, wifi, kantin, dan mushola.

“Kalau untuk orang yang pertama kali kesana pasti bingung dengan tata caranya. Tapi setelah masuk kedalam ruangannya ternyata enak dan nyaman terus dingin juga. Kalau untuk mencari bahan bacaan itu mudah karena bukunya yang lengkap,” kata Wulan, salah satu mahasiswa Biologi USU tahum 2020.

Perpustakaan ini berupa bangunan putih dan besar yang mempunyai 3 tingkat lantai yang dapat diakses. Bagi mahasiswa yang ingin mengunjungi perpustakan, dapat masuk melalui pintu 2 USU. Lokasinya terletak diantara jalan perpustakaan dan jalan almamater, tepatnya di seputaran Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan sebelum masuk ke dalam perpustakaan, yaitu semua barang pengunjung, disimpan dalam sebuah loker. Untuk mahasiswa baru tahun 2020, diwajibkan untuk mengaktifkan Kartu Tanda Mahasiwa terlebih dahulu di meja informasi dan keanggotaan. Setelah itu, QR Code yang ada di KTM harus di-scan di barrier gate agar dapat masuk ke area buku. Buku yang ingin dipinjam atau dikembalikan harus di data terlebih dahulu di meja layanan sirkulasi. Satu mahasiswa dapat meminjam maksimal 7 buku yang harus dikembalikan dalam kurun waktu 2 minggu.

Karena adanya pandemi, diberlakukan beberapa prosedur untuk meminimalisir persebaran virus Covid-19. Perpustakaan hanya buka di hari senin sampai jumat pada jam tertentu saja. Beberapa fasilitas diminimalisir penggunaannya. Sesaat sebelum masuk ke perpustakaan USU, perlu mencuci tangan dan pengecekan suhu badan. Mahasiswa yang ingin meminjam buku di perpustakaan tidak diperbolehkan untuk tinggal lama di perpustakaan. Sebelumnya para mahasiswa diperbolehkan untuk duduk dan menggunakan berbagai fasilitas yang disediakan, tetapi sekarang tempat duduk tak lagi disediakan. Serta kini area ruang baca yang biasanya ramai akan mahasiswa kini sepi dan sunyi.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Setelah Tertunda Akibat Covid, Pengurus Baru UKM Rain Forest Dikukuhkan

redaksi

Ciptakan Kendaraan Hemat Energi Bersama Team Horas USU

redaksi

Eksplorasi Mahasiswa Inbound PMM 3 UNAIR Kelompok ‘Mahatta’ ke Klenteng Sanggar Agung dan Kebun Raya Mangrove di Kota Surabaya

redaksi