SUARA USU
Entertaiment Film

June & Kopi, Film yang Menceritakan Persahabatan Anjing dan manusia

Penulis: Jei Suranta Ras

Film dengan tema persahabatan manusia dan anjing sangatlah jarang dimuat dalam industri perfilman Indonesia. Hingga pada akhirnya di tahun ini film June & Kopi yang disutradarai Noviandra sentosa dirilis.  Film ini menceritakan kehidupan sebuah keluarga yang memelihara dua ekor anjing, dimana kedua anjing ini selalu membantu dalam kehidupan suami istri tersebut.

Kisah yang bermula saat pertemuan yang tak disengaja antara Aya (Acha Septriasa) dengan anjing jalanan bernama June (anjing putih) yang sedang dikejar oleh anak-anak.

Merasa kasihan Aya pun memutuskan membawa pulang june kerumahnya, meskipun Aya harus menyembunyikan june dari Ale (Ryan Delon) suaminya. Namun tak menunggu lama, keberadaan june diketahui Ale, Ale tidak setuju untuk menambah peliharaan mereka,Apalagi ketika melihat anjing itu merusak kamar bayi di rumah Aya, Ale segera menyuruh Aya membawa anjing itu pergi. Aya pun membawanya ke sebuah pet shop dan meminta kawannya, Reza (Reza Aditya), untuk mencarikan rumah bagi anjing itu. Di pet shop itulah, Aya menamai anjing liar tersebut dengan nama, June.

Tak ada yang mengambil June karena anjing itu tidak suka dengan kucing dan anak kecil. Akhirnya, Aya merayu Ale agar suaminya mau menerima June. Ale sendiri sudah punya anjing di rumah bernama Kopi. Akhirnya, Ale menerima June dengan syarat anjing itu diajari agar menjadi anjing yang penurut dan jinak.

Sedikit fakta menarik, June dan Kopi adalah anjing dari penampungan yang dipilih untuk menjadi bintang utama dalam film ini. Sebelum syuting, keduanya menjalani pelatihan profesional selama dua hingga tiga bulan.

Kebahagian keluarga kecil ini bertambah dengan kehadiran putri mereka Karin (Makayla Rose Hilli). June dan kopi menjalin hubungan yang baik dengan Karin, june menemani Karin mulai dari bermain, mengantar dan menjemput Karin ke sekolah, belajar, sampai menemani Karin tidur.

 

Suatu saat June dan Karin terjebak di sebuah hutan. June berusaha menenangkan Karin yang terus menangis lantaran tak menemukan jalan pulang. Hari pun semakin gelap dan hujan mulai mengguyur. June kemudian menggunakan badannya untuk melindungi Karin dari guyuran hujan. Ale dan Aya berhasil menemukan June dan Karin.

Namun june mengalami kecelakaan terkena jerat untuk menolong Ale dan Karin.  Keadaan June semakin memburuk hingga akhirnya keluarga kecil ini harus mengikhlaskan kepergian June untuk selamanya.

Inspirasi film ini datang dari sutradara Noviandra, film June & Kopi datang dari pengalaman pribadinya saat kuliah. Ia menceritakan bahwa pada saat menjadi mahasiswi, Ia sering mengurus banyak hewan dari tempat penampungan. Nama karakter anjing yang digunakan pun juga terinspirasi dari kisah perjalananya tersebut. Nama Kopi berasal dari anjing pertama yang pernah dia adopsi, yaitu Cody. Sementara nama June juga datang dari anjing yang juga pernah diadopsinya dengan kondisi hanya memiliki tiga kaki.

Film ini sangat direkomendasikan tidak hanya untuk pecinta hewan khususnya anjing, tapi film june & kopi ini juga cocok untuk jadi list tambahan film keluarga.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

YNWA: Slogan, Lagu Kebangsaan, Hingga Sejarah Perjuangan

redaksi

Buku Kedua dari Tetralogi Buru Karya Pramoedya : Anak Semua Bangsa

redaksi

“Indie” Lebih Dari Sekadar Kopi dan Senja

redaksi