SUARA USU
Life Style

Kamu sering boros, yuk simak tips mengelola uang bulanan dengan baik

Oleh : Sinta Alfila

Suara USU, Medan. Sebagai anak kost yang hidup sendiri, tentunya dituntut untuk bisa mandiri di kota perantauan. Mulai dari makan dan segala keperluan pribadi lainnya menjadi tanggungjawab diri sendiri saat harus jauh dari orang tua. Biasanya orang tua kita hanya memberikan uang bulanan untuk dipergunakan selama jauh dari rumah, tapi ternyata mengelola uang bulanan juga tidak mudah seperti yang dibayangkan, terkadang kebutuhan yang beragam membuat uang bulanan cepat habis bahkan sebelum tanggalnya.

Tentunya sebagai anak kost kita harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar cukup untuk hidup setiap bulannya. Nah untuk itu, sobat suara usu harus simak nih tips mengelola uang bulanan yang baik agar bisa diterapkan dan membantu sobat suara usu dalam mengatur uang bulanannya.

  1. Buat anggaran bulanan, sobat suara usu bisa coba yang satu ini, biasanya dengan membuat anggaran bulanan dapat membantu agar uang bulanan tidak habis ke hal yang tidak penting. Sobat suara usu bisa tentukan jumlah uang yang akan diterima setiap bulan dan bagi menjadi kategori pengeluaran seperti makanan, sewa, transportasi, listrik, internet, dan lain-lain. Pastikan anggaran ini realistis dan memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sobat Suara usu ya.
  2. Prioritaskan kebutuhan, usahakan untuk mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan, memahami perbedaan antara kebutuhan penting sekali agar hal yang utama lebih terdahulukan daripada hal yang hanya sementara demi pemuas keinginan kita. Kebutuhan yang penting seperti makanan, listrik, kebersihan pribadi, dan transportasi.
  3. Hemat ketika berbelanja, buat sobat suara usu yang sering berbelanja bulanan pastikan hanya membeli barang yang dibutuhkan saja ya, usahakan untuk tidak membeli barang-barang yang bukan kebutuhan. Agar lebih hemat lagi, sobat suara usu bisa mencoba membandingkan harga barang disetiap toko, cari yang sama dengan harga lebih murah tentunya.
  4. Buat cadangan keuangan, sobat suara usu bisa coba menyisihkan sebagian uang untuk digunakan disaat-saat darurat. Hal ini sangat membantu saat menghadapi situasi tak terduga atau kebutuhan mendesak tanpa harus meminjam uang atau mengganggu keuangan bulanan kita.
  5. Terakhir buat evaluasi dan sesuaikan, sobat suara usu dapat secara teratur mengevaluasi dan meninjau anggaran serta kebiasaan pengeluaran setiap bulannya. Dengan melakukan ini, sobat suara usu dapat lebih menyesuaikan hal yang penting serta menetapkan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang.

Itulah beberapa tips yang dapat sobat suara usu mulai terapkan, semoga bisa membantu mengelola uang bulanan dengan baik dan menghilangkan kebiasaan boros.

Redaktur: Keyvin


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Minum Air Putih Saat Perut Kosong, Simak Untuk Tahu Manfaatnya!

redaksi

Budaya Thrifting yang Semakin Populer

redaksi

Tipe Gaya Hidup Mahasiswa di Dunia Perkuliahan

redaksi