SUARA USU
Kabar Kampus

Lestarikan Seni Budaya Nusantara Lewat Workshop Seni Gamadiksi 2023

Reporter: Khaira Nazira 

Suara USU, Medan. Divisi Seni dan Budaya UKM Gamadiksi USU periode 2023/2024 sukses adakan workshop seni dengan mengangkat tema “Pentingnya Eksplorasi Keanekaragaman Ekspresi Seni dan Budaya Indonesia bagi Generasi Muda di Era Globalisasi”. Kegiatan yang dilaksanakan pada sabtu (27/05) yang bertempat di Gedung Serbaguna Fakultas Ilmu Budaya ini berjalan baik dan lancar serta sesuai dengan harapan tujuan diadakannya workshop seni Gamadiksi.

Rangkaian acara workshop ini menyajikan penampilan-penampilan seni yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Beberapa diantaranya seperti Dwi Nurul Hasanah selaku panitia yang membawa lagu dari suku jawa, dilanjut dengan penampilan bakat dari Choiril Alwi dan Roland Lumban Tobing selaku narasumber dari perwakilan mahasiswa program studi Etnomusikologi yang berhasil berhasil memukau audience oleh pertunjukan Lamen dari etnis suku Mandailing dan suku Batak Toba. Lamen sendiri merupakan sebuah nyanyian yang berbentuk ratapan atau keluh kesah lewat permainan alat musik seruling.

Rini Irwani Br Sitepu selaku Ketua Pelaksana kegiatan workshop seni sekaligus Ketua Divisi Seni dan Budaya UKM Gamadiksi lewat keterangannya menyatakan bahwa karena melihat ketidakpedulian dan minimnya pengetahuan generasi muda saat ini menjadi latar belakang dan motivasi mereka untuk menghadirkan acara workshop seni Gamadiksi.

Pada kegiatan Workshop Seni Gamadiksi Ini turut mengundang Bapak Tarmidi, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog selaku koordinator UKM Gamadiksi USU, Alumni dan Demisioner UKM Gamadiksi USU, Mahasiswa USU, Mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP-K, serta Mahasiswa baru pendaftar KIP-K stambuk 2023 USU.

Muhammad Ananda Pulungan selaku Ketua Umum UKM Gamadiksi USU Periode 2023/2024 mengungkapkan harapannya lewat diadakannya kegiatan ini, “Harapan dilaksanakan workshop Seni Gamadiksi yaitu mengenalkan dan melestarikan seni dan budaya Indonesia sebagai indentitas bangsa Indonesia sehingga meningkatkan kualitas sosial dan budaya Indonesia mahasiswa USU dalam pelestarian dan perkembangan seni kebudayaan nusantara secara berkelanjutan”.

Di sisi lain, Rini Br Sitepu juga turut memberikan harapannya, “Diharapkan lewat acara ini peserta yang berhadir dapat mengetahui sedikit banyaknya tentang kesenian dan kebudayaan yang mungkin mereka belum tahu dan paham selama ini.” tutup Rini selalu Ketua Pelaksana.

Redaktur: Tania A. Putri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Inagurasi di Mata Mahasiswa USU Saat Ini

redaksi

USU Terima Jalur SNMPTN Dengan Peminat Terbanyak Di Luar Pulau Jawa

redaksi

Bakti Sosial HIMASTA USU, Ulurkan Tangan untuk Aksi Dana!

redaksi