SUARA USU
Kabar Kampus

Metode Absen Digital Class USU, Apakah Sudah Baik?

Reporter: Grace Angelia S.

Suara USU, Medan. Kelas USU merupakan sebuah situs berbasis pelayanan yang ditujukan untuk mempermudah mahasiswa dalam mengakses mata kuliah yang mereka ambil. Selain itu, Kelas USU juga dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mengisi presensi kehadiran saat jadwal perkuliahan berlangsung.

Hal ini merupakan salah satu contoh perkembangan teknologi yang diterapkan di lingkungan kampus. Sebelum adanya Kelas USU, mahasiswa diarahkan untuk melakukan absen secara langsung dikertas. Namun saat ini USU telah meningkatkan kualitas teknologi pendidikan dengan membuat website Kelas USU ini.

Namun meskipun begitu ternyata tidak sedikit mahasiswa yang mengeluh karena kesulitan memakai web Kelas USU ini. Meskipun menggunakan teknologi terkini, website Kelas USU masih mempunyai beberapa kendala seperti ini tidak bisa diakses dan sering mengalami eror yang menyebabkan sebagian mahasiswa gagal melaksanakan quiz. Selain itu, mahasiswa juga beranggapan terkadang web Kelas USU tidak menerima intruksi yang diberikan pengguna dan presensi terkadang mengalami eror.

“Pake Kelas USU itu susah. Kadang dia itu kita udah kirim submit kehadiran, tapi malah tetap gak dianggap hadir. Menurutku lebih layak absen offline, sih. Kepuasaanku pakai Kelas USU cuma 20%,” ungkap FZ.

“Kalo buat Kelas USU, sih sebenernya ide yg bagus buat manfaatin teknologi. Fitur di dalamnya juga pasti diniatkan buat ngebantu kegiatan kuliah, kayak ngabsen, ngumpulin tugas, banyak lagi, deh. Tapi kalo untuk  kepuasan, aku bisa kasih bintang 3,5 dari 5. Karna teknologi yang tadinya dibuat untuk ngebantu kegiatan belajar mengajar di kampus, malah kadang zonk. Contohnya absen di aku sendiri notifnya ga masuk… Kadang juga kalo mau login, dia beralih ke web lain… Kelas USU itu sebenernya ngebantu banget, cuma perlu ada peningkatan di kualitas pengoperasionalnya,” jelas NS.

Beberapa dari mahasiswa juga beranggapan bahwa absen secara langsung di kertas lebih layak untuk digunakan dibandingkan menggunakan akses online di web Kelas USU. Namun terdapat juga mahasiswa yang berpendapat bahwa absen secara online lebih baik digunakan.

“Kalau aku prefer absen offline, sih. Walaupun kedengaran metode konvensional di tengah perkembangan teknologi saat ini, tapi rasaku absen offline lebih efektif dan efisien, ga bakalan ada tuh yang namanya absen fiktif, ya… Di beberapa kasus Kelas USU ini ga ada notif absennya. Jadi, alasan ini semakin menguatkan aku untuk  milih absen offline,” ungkap PG.

“Lebih efektif  online, sih karna data-data langsung kerekap dan langsung terlihat data-data kehadirannya, tapi kekurangannya kelas USU suka eror… Jadi 2 kali absen offline dan online,” ungkap AS.

“… Menurut aku absen di Kelas USU keamanannya lebih besar. Tapi minusnya sering error. Kelas aku bahkan pernah ulang quiz cuma karna webnya eror, padahal udah tinggal submit doang. Dua duanya bagus, tapi aku lebih suka kelas USU kalau webnya dikembangin,” jelas TP.

Redaktur: Grace Silva

Related posts

Tingkatkan Wawasan Mengenai High-Tech Industries, USU Adakan Kuliah Umum

redaksi

HIMALA USU Adakan Pelantikan Pengurus Baru, Menjadikan HIMALA Berprestasi Demi Tanah Kelahiran dan Tanah Air

redaksi

Jago Bermain Alat Musik, Jangan Remehkan Anak-Anak Panti Asuhan Simpang Tiga Medan!

redaksi