SUARA USU
Kabar Kampus

Sabet Piala Bergilir, KSEI FoSEI USU Raih Juara Umum pada TEMILREG FoSSEI SUMBAGUT 2023

Reporter: Fransiska Zebua

Suara USU, Medan. UKM Ekonomi Syariah Universitas Sumatera Utara atau yang lebih dikenal dengan nama KSEI FoSEI USU, berhasil meraih gelar juara umum dalam Temu Ilmiah Regional Sumatera Bagian Utara (TEMILREG FoSSEI SUMBAGUT) 2023. Kompetisi tersebut diselenggarakan pada 13-15 Juni 2023 di KSEI iESA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Temu Ilmiah Regional merupakan agenda tahunan yang selalu diadakan oleh setiap FoSSEI di wilayah Indonesia termasuk FoSSEI Sumatera Bagian Utara. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat ikatan silaturahmi antar FoSSEI dan meningkatkan intelektual para kader FoSSEI dengan serangkaian perlombaan yang diadakan. Kurang lebih terdapat 200 peserta dari berbagai kampus di wilayah Sumatera-Aceh yang mengikuti rangkaian acara TEMILREG SUMBAGUT ini.

Beberapa cabang lomba dibuka untuk memeriahkan acara tahunan ini, di antaranya ada Lomba Karya Tulis Ilmiah, Debat Ekonomi, Business Plan, Video Kreatif, dan Olimpiade Ekonomi Islam. KSEI FoSEI USU juga mempersiapkan dan mengirimkan kader-kader terbaik mereka untuk maju dalam setiap cabang lomba yang diselenggarakan.

“FoSEI USU pertama mencari delegasi atau kandidat dari kader kami yang kemudian akan dipilih dan diberikan pelatihan oleh coach-coach yang telah ditentukan. Untuk waktu coaching sendiri berlangsung sebanyak 6 kali pertemuan atau dalam 2 bulan persiapan,” ujar Hasbi salah satu kader KSEI FoSEI USU.

Dengan persiapan yang telah dilakukan oleh KSEI FoSEI USU tersebut, akhirnya mereka berhasil meraih beberapa predikat juara di tiap cabang lomba. Beberapa lomba yang mereka juarai yaitu Juara 1 Olimpiade Ekonomi Islam, Juara 1 dan Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah, Juara 1 dan Juara 3 Business Plan, Juara 1 dan Juara 2 Debat Ekonomi, dan Juara 2 Video Kreatif. Dengan berbagai kemenangan yang diperoleh tersebut, KSEI FoSEI USU dinobatkan sebagai juara umum dan mendapatkan piala bergilir di TEMILREG SUMBAGUT 2023.

Dalam persiapannya KSEI FoSEI USU juga memiliki beberapa hambatan yang dirasakan oleh para anggota. Salah satunya adalah kesulitan dalam membagi waktu karena bertepatan dengan masa ujian akhir semester. Para anggota dituntut untuk dapat memiliki manajemen waktu yang baik selama masa persiapan. Selain itu hambatan dari KSEI FoSEI USU juga karena masih dalam tahap melakukan pengkaderan untuk para anggota. Walaupun dengan beberapa hambatan yang ada, KSEI FoSEI USU tetap mampu memberikan performa maksimal selama kegiatan berlangsung. Dibuktikan hasil yang mereka dapatkan sesuai dengan proses dan kerja keras yang mereka lakukan.

“Harapannya semoga KSEI FoSEI USU ini dapat lebih membumikan Ekonomi Islam dan lebih meningkat lagi. Serta kami juga bisa lebih agresif dan berperan dalam kompetisi-kompetisi yang ada di tingkat Universitas, supaya prestasi dari USU sendiri bisa lebih meningkat,” pungkas Hasbi sebagai harapannya.

Redaktur: Anna Fauziah Pane

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pasca-PKKMB di USU Mencuat, Diduga Ada Keracunan Makanan atau Reaksi Nasi Basi

redaksi

Prodi Biologi Kembali Adakan Porseni Tahun Ini

redaksi

Mahasiswa S1 Teknologi Pangan USU Raih Juara 3 pada Lomba Riset Sawit Tingkat Nasional 2023

redaksi