SUARA USU
Kabar Kampus

Sumatera Utara Menjadi Tuan Rumah National Moot Court Dalihan Natolu, Panitia Resmi Dilantik

Reporter: Grace Pandora Sitorus

Suara USU, Medan. Pada Sabtu, (20/5) dilaksanakan pelantikan panitia NMCC (National Moot Court Competition) Dalihan Natolu. NMCC Dalihan Natolu merupakan sebuah event kompetisi peradilan semu bertaraf nasional yang melibatkan universitas-universitas dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini diadakan oleh KPS FH USU (Kelompok Peradilan Semu Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara) bekerja sama dengan FH USU.

Keistimewaan dari NMCC Dalihan Natolu ini terletak pada berbagai aspeknya. Pertama, nama “Dalihan Natolu” diambil dari kebudayaan yang kaya di Sumatera Utara. “Dalihan Natolu” mewakili elemen-elemen adat budaya dari suku-suku di Sumatera Utara sehingga memberikan nuansa yang unik dan khas. Kedua, kasus posisi yang akan diangkat dalam kompetisi ini dipilih dengan tujuan agar menarik dan bukan hanya sekadar untuk berkompetisi, melainkan juga sebagai sumber pembelajaran bagi Mahasiswa/i Hukum di seluruh Indonesia. Ketiga, konsep NMCC Dalihan Natolu ini akan berbeda dengan kompetisi serupa di seluruh Indonesia, mulai dari mekanisme pemberkasan, penjurian, seleksi, hingga acara utama. Konsep yang berbeda ini diharapkan akan memberikan kesan yang tidak terlupakan bagi semua peserta.

Pada pelantikan tersebut, sebanyak 113 staf komisi dilantik. Mereka terbagi dalam berbagai divisi, antara lain Staff Khusus Kesekretariatan, Wakil Bendahara, Divisi Mooting, Divisi Acara, Liaison Officer, Divisi Konsumsi, Divisi Juri dan Berkas, Divisi PDD (Publikasi, Dokumentasi, dan Dekorasi), Divisi Logistik, Divisi 3K (Keamanan, Kesehatan, dan Kebersihan), Divisi Fundraiser, serta Divisi Akomodasi dan Transportasi.
Acara pelantikan ini juga dihadiri oleh Dr. Detania Sukaraja, S.H., LLM., selaku pembina KPS FH USU dan NMCC Dalihan Natolu, Selanjutnya ada Reinhard Siahaan, S.H., seorang alumni FH USU, dan Jon Dumansah Damanik, selaku Ketua KPS FH USU.

Ketua Pelaksana NMCC Dalihan Natolu, Alwi Hutabalian berharap agar seluruh panitia dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik. Panitia ini dipilih dengan harapan bahwa mereka dapat menyukseskan acara ini serta memberikan pelayanan terbaik kepada delegasi yang akan mengikuti NMCC Dalihan Natolu.

Dalam pesannya kepada seluruh panitia, Alwi mengajak panitia untuk bekerja sama dengan ide, kreativitas, dan kemampuan masing-masing tanpa adanya unsur paksaan. Keberanian dan kesatuan pandangan akan menentukan kesuksesan NMCC Dalihan Natolu sebagai prestasi bagi seluruh panitia. NMCC Dalihan Natolu diharapkan menjadi ajang yang memperlihatkan kemampuan Universitas Sumatera Utara (USU) di kancah nasional maupun internasional.

Redaktur: Yohana Situmorang


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Sukses Adakan Webinar, IMSI USU Bahas Pentingnya Bahasa Inggris untuk Peluang Masa Depan

redaksi

Bazar Buku Gramedia Hadir Untuk Meriahkan Dies Natalis ke-22 Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi USU

redaksi

Wakil Rektor I dan Staff Ahli Hadiri Pelantikan Rizky-Anas

redaksi