SUARA USU
Musik

UN1TY Membawa Makna Unity in Diversity

Source : instagram.com/un1ty_official

Oleh: Fitri

Kamu ingat tidak waktu jamannya boyband seperti SM*SH, Coboy Junior, XO-IX, Super 7, dan lainnya beberapa tahun silam? Indonesia kembali melahirkan sebuah boyband lho!

Boyband ini lahir melalui program acara survival berjudul 1ID Music yang digagas oleh Famous All Stars. Acara tersebut membuka audisi pada bulan Juni hingga Juli 2019 untuk pria warga negara Indonesia berusia 14-22 tahun. Kurang lebih sebanyak 500 partisipan bersaing dalam audisi yang diselenggarakan secara online, hingga terpilih 30 trainee yang nantinya akan dilatih secara langsung pelatih 1ID Music.

Boyband mereka berhasil mencapai hari debut pada tanggal 9 Desember 2019 dengan diunggahnya video klip pertama mereka berjudul Coba Cintaku di platform Youtube. Grup yang beranggotakan Fajri, Farhan, Fenly, Fiki, Gilang, Ricky, Shandy, dan Zweitson itu memiliki nama UN1TY dan fandom bernama YouN1T.

UN1TY sendiri yaitu Unity in Diversity, artinya persatuan dan kerja sama yang dapat dilambangkankan dengan makna “Bhinneka Tunggal Ika”. Member boyband ini juga berasal dari daerah yang berbeda-beda, sehingga masing-masing memiliki keunikan yang beragam. Nama itu memiliki makna yang sangat mencerminkan aura dari boyband ini, yaitu simbol dari kerjasama dan harapan untuk menyatukan para pecinta musik.

Genre bermusik mereka tentu saja Pop-Indonesia, namun title boyband tidak menghalangi mereka untuk memperkenalkan warna lain dari musik Indonesia kepada masyarakat luar. Maka dari itu, selain bermusik dengan mengikuti trend musik saat ini, tipe lagu-lagu dari UN1TY juga mengarah kepada tipe lagu lama seperti M.E, AB Three, Warna, dan Kahitna.

Grup hasil ajang pencarian bakat ini, tentu memiliki talenta yang luar biasa pada setiap anggotanya. Vokal dan dance dikuasai oleh setiap anggotanya dengan sangat baik, dua diantaranya melakukan bagian rap pada lagu-lagu mereka. Setelah setahun lebih debut, UN1TY telah merilis 5 single beserta video klipnya, yaitu Coba Cintaku, Satu, Pangeran Tidur, Terbunuh Sepi, dan yang terakhir No Mellow. Kelima videoklip tersebut telah menembus 1 hingga 2 juta penonton di channel youtube resmi 1ID Music.

Farhan, sang leader membawa anggotanya menuju Top Requested Artist di program MTV Friday Livestream, Amerika. Dengan jumlah sekitar 30,000 permintaan dari YouN1T, akhirnya videoklip mereka “No Mellow” dimainkan pada acara tersebut. Lagu berjudul Coba Cintaku berhasil menembus Billboard Indonesia Top 100 dengan urutan nomor 43, lagu Satu juga berhasil menduduk tangga lagu nomor 19 di Langit Musik Top 50. Kemudian, lagu milik UN1TY juga sempat di cover oleh penyanyi luar negeri (Niki Zefanya) karena ia sangat kagum dengan skill yang dimiliki mereka.

Saat ini UN1TY juga menjadi salah satu artis Indonesia yang menggunakan aplikasi VLive untuk berkomunikasi dengan penggemarnya. Bahkan UN1TY dan Vlive Indonesia pernah mengadakan kampanye V-Paket dengan tagar DiRumah Aja yang berkaitan dengan kondisi pandemi ini.

Sebagai grup idola baru, UN1TY sudah mendapatkan berbagai prestasi di industri musik Indonesia. Dari berbagai prestasi yang diraih, sudah dipastikan bahwa UN1TY memiliki talenta yang baik, tidak hanya anggar wajah tampan.

Redaktur: Yulia Putri H

Related posts

Merayakan Datangnya Awan Kelabu dengan EP “Kalah Bertaruh”

redaksi

Lagu Tanya, Racikan dari Dere untuk Lawan Overthinking!

redaksi

“Berisik”, Pengingat Manusia untuk Tenang

redaksi