SUARA USU
Kabar Kampus

USU adakan Sidang Terbuka dengan Tema Growing Together Through Innovation, Transformation, and Sustainability sebagai Puncak Dies Natalis ke-71

USU adakan Sidang Terbuka dengan Tema Growing Together Through Innovation, Transformation, and Sustainability sebagai Puncak Dies Natalis ke-71
USU adakan Sidang Terbuka dengan Tema Growing Together Through Innovation, Transformation, and Sustainability sebagai Puncak Dies Natalis ke-71

Reporter: Divina Marsya Azzahra

Suara USU, Medan. Universitas Sumatera Utara mengadakan Sidang Terbuka sebagai acara puncak Dies Natalis ke-71 yang berlangsung di Auditorium Universitas Sumatera Utara pada Selasa (24/10). Acara ini mengusung tema “Growing Together Through Innovation, Transformation & Sustainability” yang dipilih untuk menggerakkan semangat tumbuh bersama yang dilakukan melalui inovasi, transformasi, dan berkelanjutan.

Acara ini menampilkan pidato oleh Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si. dengan tema “Transformasi Universitas Sumatera Utara Membangun Human Capital Indonesia Menuju Indonesia Emas 2045”. Untuk menjalankan misi ini, sidang terbuka Dies Natalis ke-71 Universitas Sumatera Utara dijadikan sebagai momentum untuk merefleksikan diri dari segala upaya yang telah dilakukan Universitas Sumatera Utara sejak tahun 2021 melalui transformasi di segala lini dalam tridharma Universitas Sumatera Utara.

Gerakan transformasi yang telah dijalankan dengan taglineTransformation Towards The Ultimate” diimplementasikan melalui program prioritas Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si.

“Gerakan transformasi yang telah dijalankan dengan tagline Transformation Towards The Ultimate diimplementasikan secara data melalui program prioritas yang saya jalankan sejak saya diberi amanah untuk menjadi Rektor Universitas Sumatera Utara periode 2021-2026. Keenam program prioritas itu adalah Kelembagaan dan Tata Kelola Adaptif, Adaptasi Tugas Tri-Dharma, Penataan Infrastruktur, Digitalisasi Kampus, Enterprise kampus, dan Kerjasama,” jelas Muryanto.

Model pendekatan yang digunakan untuk perkembangan Universitas Sumatera Utara sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) yang menyukseskan agenda pembangunan nasional menyasar pada peningkatan sumber daya manusia secara merata melalui pendidikan, pelatihan dan pengembangan, inovasi dan kreativitas, sikap dan etos kerja. Proses pertumbuhan itu juga didorong melalui kolaborasi, inklusif, mengikutsertakan masyarakat dan industri secara partisipatif, dan membuka diri secara bersama dalam perbedaan yang ada.

Acara yang diselenggarakan secara hybrid ini juga turut menghadirkan Ketua Majelis Wali Amanat Nurmala Kartini Pandjaitan, Mendikbudristek Nadiem Makarim, Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, dan penyanyi Ghea Indrawari.

Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin dalam kata sambutannya mengajak perguruan tinggi untuk dapat berkolaborasi dalam memperkuat Sumber Daya Manusia yang menjadi pilar utama dalam perubahan ekonomi.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini hanya bisa kita wujudkan apabila dapat menghimpun potensi yang ada, salah satunya adalah dengan memperkuat sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing yang merupakan kunci dalam peningkatan produktivitas untuk mendukung transformasi ekonomi yang berkelanjutan. Pentingnya pembangunan manusia atau human capital melalui pendidikan dan pelatihan adalah pemacu utama perubahan ekonomi yang berkualitas,” jelas Hassanudin.

Sidang Terbuka Dies Natalis ke-71 ditutup dengan motivation speech dan penampilan musik oleh Ghea Indrawari yang memicu kemeriahan pada Dies Natalis USU ke-71 ini. Motivation speech ini menceritakan prosesnya selama ia berkarir. Ia juga menegaskan untuk jangan takut bermimpi dan tetap menyelesaikan pendidikan di USU.

Redaktur: Grace Silva Situngkir


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Menuju Indonesia Emas 2045, IMK FMIPA USU Gelar Webinar Bertajuk Optimalisasi SDGs

redaksi

Bertajuk The Power Of Communnication, 3 PEMA Sekawasan USU Adakan Seminar Nasional

redaksi

Pentingnya Silaturahim, Mahasiswa Bidikmisi Se-USU Adakan Family Gathering

suarausu