SUARA USU
Entertaiment Musik

Dari Menjadi Seorang Penyanyi Cilik, Kini Salma Salsabil Menjadi Juara 1 Indonesian Idol 2023

Sumber: Jawapos.com

Oleh : Khalda Mahirah Panggabean

Salma Salsabil Aliyyah Putri Mandaya atau kerap disapa sebagai Salma menjadi juara dalam ajang Indonesian Idol Season 12 pada Senin (22/5/2023). Sebelum mencapai babak final, gadis berusia 21 tahun ini merilis single terbaru berjudul “Menghargai Kata Rindu” pada 19 Mei 2023 lalu. Lagu in ditulis oleh Mario G. Klau yang dibawakan saat penghujung acara. Pada babak final, Salma mengalahkan lawannya, Nabila Taqiyyah dengan membawakan lagu berjudul “Just The Way You Are” yang dipopulerkan oleh Bruno Mars. Sepanjang Indonesian Idol 2023, Salma Salsabil terlihat konsisten dengan kualitas suara yang dimilikinya. Alhasil, seluruh juri dibuat terpukau oleh penampilan Salma selama berada di atas panggung.

Salma Salsabil merupakan anak dari pasangan Farid dan Ita Kusrini. Ia lahir di Probolinggo, pada 12 Februari 2002 dan dibesarkan oleh orangtuanya di Probolinggo, Jawa Timur. Salma memiliki kakak laki-laki bernama Kelvin. Salma sudah didukung keluarga nya sejak SD pada saat ia bisa bermain gitar sambil bernyanyi dengan sangat merdu. Bahkan, Salma yang saat itu berusia lima tahun kerap kali berada di pojokan karena malu-malu ingin bernyanyi. Melihat potensinya dalam benyanyi, kedua orangtuanya memutuskan untuk memasukan Salma ke SMK Negeri 12 Surabaya dengan mengambil jurusan musik. Agar teknik vokalnya semakin terasah, Salma melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dengan jurusan Penyajian Musik.

Sebelum mengikuti Indonesian Idol, Salma juga pernah menapakkan kakinya di ajang pencarian bakat lainnya seperti Idola Cilik, The Voice Kids Indonesia Season 1, Rising Star Indonesia Season 2, The Voice Indonesia Season 3, dan Sunsilk Hijab Hunt 2017. Berkali-kali gagal saat mengikuti berbagai kompetisi, Salma Salsabil sempat down karena mendapat julukan ‘Artis Nggak Jadi’ dari teman-temannya. Oleh karena itu, Salma memutuskan untuk vakum atau tidak mengikuti kompetisi untuk beberapa saat. Salma Salsabil juga mengungkapkan alasan gagalnya dirinya disebabkan suaranya belum matang sebab masih kecil.

Berdasarkan pengakuan Salma, ia pun harus berbohong kepada kedua orang tuanya saat mengikuti audisi hanya karena takut gagal. Tetapi, Ia berhasil menjadi pemenang Indonesian Idol 2023 dan bahkan tak menyangka namanya disebut sebagai juara pertama. Dirinya terlihat meneteskan air mata usai namanya dinobatkan sebagai pemenang. Salma mendapat hadiah sebesar Rp 150 juta, sekaligus membawa pulang Mobil Chery Omoda 5 seharga 334,8 juta. Tak hanya itu, ia juga mendapat hadiah bebas skripsi dari kampusnya.

Wah, keren bukan? Selamat Salma atas kerja kerasnya!

Redaktur: Grace Silva


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pendewasaan Diri melalui Lagu Beranjak Dewasa

redaksi

“Bunga Hati’’ Salma Salsabil Ramaikan TikTok, Fenomena Viral Lagu yang Mengguncang Platform

redaksi

“Ayla: The Daughter Of War”, Kisah Nyata Ketulusan Cinta dan Janji Seorang Ayah Kepada Gadis Kecilnya

redaksi