SUARA USU
Kabar Kampus

Fakultas Psikologi USU Jadi Tuan Rumah RAKERWIL dan Upgrading ILMPI Wilayah VII

Reporter: Yuni Hikmah / Habibullah Al Magribi

Suara USU, Medan. Fakultas Psikologi USU untuk pertama kalinya diamanahkan menjadi tuan rumah Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) VII ILMPI yang ke-8. Kegiatan ini berlokasi di Gedung Balai Diklat Pertanian/BLPP Pemprovsu, berlangsung selama tiga hari dimulai sejak tanggal 1-3 Juni 2023 dengan dua agenda utama yaitu Rapat Kerja Wilayah dan Upgrading.

ILMPI atau Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia sendiri merupakan salah satu lembaga mahasiswa psikologi tingkat nasional yang menaungi mahasiswa psikologi se-Indonesia agar dapat berkiprah dalam pembangunan nasional. Salah satu agenda rutin dari ILMPI ini adalah Rakerwil yang merupakan hasil inisiasi mahasiswa psikologi seluruh Indonesia yang dikelompokkan kedalam beberapa wilayah. Wilayah VII secara khusus melingkupi daerah Sumatera Utara-Aceh secara geografis.

Tahun ini, Rakerwil ILMPI Wilayah VII mengusung tema “Ingkon Sada Do Songon Dai Ni Aek, Unang Mardua Songon Dai Ni Tuak.” Artinya, agar setiap orang se-iya sekata, bukan berdebat karena pendapat yang berbeda. Hal ini sejalan dengan sambutan Ketua Pelaksana, Rezi Alfian. Ia menegaskan bahwa Rakerwil ini diadakan untuk mendapatkan kata sepakat, bukan untuk menciptakan perbedaan pendapat yang menciptakan pertengkaran.

Rezi juga menyampaikan bahwa Rakerwil ini diselenggarakan dengan tujuan utama memfasilitasi diskusi yang mendalam, kolaborasi yang produktif serta pertukaran ide dan pengalaman dengan para mahasiswa psikologi.

Gubernur Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Psikologi, Renaldi Arsyach Panggabean sebagai perwakilan tuan rumah menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi sebuah wadah bagi seluruh anggota ILMPI agar dapat saling berkomunikasi untuk rentang waktu yang lama.

“Acara ini ada untuk menunjukkan eksistensi kita sebagai mahasiswa yang telah berjuang dalam kehidupan psikologis di indonesia. Semoga apa yang kita rencanakan ke depan dapat berdampak besar pada Indonesia, baik itu mahasiswa, masyarakat, dan lainnya terkhusus daerah Sumatera Utara dan Aceh,” tutur Renal.

Ketua Himpsi (Himpunan Psikologi Indonesia) Ilmiah, M.Si., Psikolog menjelaskan banyak hal terkait Himpsi, mulai dari mengenalkan apa itu Himpsi hingga siapa saja yang memenuhi kualifikasi untuk menjadi bagian dari Himpsi. Himpsi sendiri merupakan organisasi profesi psikolog yang diakui oleh negara Indonesia. Adapun, profesi psikolog telah memiliki undang-undang yang mengatur dan melindungi para psikolog dan ilmuwan psikologi, hal ini tertuang dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi.

“Himpsi akan semakin besar dan bertambah kuat jika anggotanya semakin banyak. Artinya, ketika kalian mendaftar jadi bagian dari Himpsi, baik sebagai ilmuwan atau psikolog berarti turut memberikan kontribusi dalam meningkatkan marwahnya. Ini merupakan PR bagi pengurus, bagaimana caranya mencari anggota sebanyak-banyaknya, gitu, ya. Hal ini dikarenakan, semakin banyak anggota maka semakin banyak hal positif yang bisa kita dapatkan, bisa jadi kita dilibatkan dalam berbagai pengambilan kebijakan terkait profesi kita sendiri,” ujarnya.

Rapat Kerja dan Upgrading ini dihadiri oleh perwakilan 9 delegasi Universitas di Aceh dan Sumatera Utara yang tergabung dalam anggota ILMPI wilayah VII, di antaranya; Universitas Syiah Kuala Aceh, Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Sumatera Utara, Universitas Medan Area, Universitas HKBP Nonmensen Medan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Universitas Malikussaleh, Institut Kesehatan Helvetia dan Universitas Sari Mutiara Indonesia.

Kegiatan ini turut pula mengundang Dekan Fakultas Psikologi, beberapa Dosen Psikologi USU, Ketua Himpsi wilayah Sumatera Utara Ilmiah, M.Si., Psikolog, Ikramuddin selaku Koordinator ILMPI Wilayah VII asal Universitas Malikussaleh, serta semua ketua lembaga atau BEM yang tergabung dalam 9 universitas terkait.

Diketahui selama 3 hari berlangsungnya Rakerwil dilaksanakan serangkaian kegiatan sebagai berikut; Musyawarah Pendahuluan, Musyawarah I: Rapat Komisi, Musyawarah II: Rapat Pleno, Musyawarah III: Rapat Paripurna, Musyawarah IV: Rapat Pengambilan Tender, Malam Keakraban (Makrab), dan Upgrading.

“Kedepannya semoga psikologi menjadi hal yang betul-betul dirasakan bagi semua masyarakat Indonesia khususnya yang berada di wilayah Sumatera Utara dan Aceh. Hal yang menjadi harapan juga adalah agar mahasiswa/i psikologi dapat berdampak bagi semuanya. Jadi, program kerja yang akan dijalankan dapat berjalan dengan lancar seiring dengan kolaborasi yang dilakukan antar beberapa fakultas psikologi atau ilmuwan-ilmuwan psikologi yang ada di daerah Sumatera Utara dan Aceh,” ungkap dan harap Renaldi selaku Gubernur Pema Psikologi USU sekaligus penanggung jawab satu Rakerwil ke-8 ini.

Di sisi lain, Rezi Alfian yang diberi kepercayaan menjadi ketua pelaksana ikut memberikan harapannya terhadap keberlangsungan Rakerwil ini kedepannya.

“Harapannya semoga dengan kegiatan Rakerwil ILMPI tahun 2023 ini menjadi ajang untuk bersilaturahmi dari setiap fakultas khususnya yang berada di Sumatera Utara dan Aceh, dan untuk mengenalkan kepada media atau orang lain untuk lebih mengenal psikologi di Indonesia, terutama mengenal apa itu lembaga Ikatan Mahasiswa Psikologi Indonesia,” pungkas Rezi.

Redaktur: Anna Fauziah Pane

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mahasiswa Fakultas Hukum USU Raih Juara 2 National Debate Competition 2023 UNNES

redaksi

Mahasiswa USU Berhasil Membuat Inovasi Produk Sehat pada Program Kreativitas Mahasiswa

redaksi

Film Kejahatan Digital yang Mengerikan, Unlocked Buat Merinding Para Penonton

redaksi