SUARA USU
Kabar Kampus

Gembel FH USU Adakan Education Law Content Competition

Oleh: Josephine C.L. Siahaan

Suara USU, MEDAN. Tepat pada 1 Agustus 2021 lalu, Perkumpulan Gemar Belajar (GEMBEL) FH USU mengupload flyer mengenai Educational Law Content Competition. Kira-kira apa sih kegiatan yang sedang GEMBEL adakan? Asik gak ya? Yuk simak informasinya!

Apa itu Gembel Peka?

Usut punya usut ternyata Gembel Peka merupakan kependekan dari Gemar Belajar Produktif, Edukatif, Kreatif, dan Aktif.

“Jadi filosofi dari penamaan gembel peka ialah karena anggota gembel dituntut untuk produktif melakukan kegiatan yang berdampak baik bagi diri sendiri dan sekitar. Disamping itu juga, sesuai dengan tujuan kegiatan, maka anggota gembel juga harus mampu mengedukasi masyarakat. Anggota dituntut kreatif dan aktif dalam membawa dan memberi aksi yang baru dan fresh kepada masyarakat”, tutur Ketua Panitia, Mureza Sebayang.

Educational Law Content Competition sendiri merupakan lomba membuat video kreatif dengan tema “Permasalahan Hukum yang Dialami Masyarakat Saat Ini”. Peserta diberikan kebebasan memilih topik dengan sub-tema:

  1. Tindak pidana korupsi
  2. Tindak pidana pencemaran nama baik, dan
  3. Hukum pengelolaan limbah

Pendaftaran, pengumpulan, dan upload video diadakan dari tanggal 1 Agustus – 4 September 2021 dengan link pendaftaran https://forms.gle/Td6fxpa4bJyUhMY49. Selanjutnya, pada 5 – 10 September 2021, juri akan memberikan penilaian terhadap karya peserta. Terakhir, pengumuman akan dilakukan pada 11 September 2021.

Nah, juri untuk lomba ini ada 3 orang, yakni M. Hadyan Yunhas Purba S.H, M.H, salah satu Dosen FH USU. Kemudian ada Hanifah Azizah, S.H., M.H, Founder Dasarhukum.id dan Edelis D. M. Ginting, mahasiswa angkatan 2018 yang juga merupakan anggota GEMBEL FH USU.

Ada 3 kategori hadiah yang akan diberikan kepada pemenang yakni Rp. 700.000,00 untuk Juara I, Rp. 500.000,00 untuk Juara II, dan Rp. 350.000,00 untuk Juara III. Disamping itu, seluruh peserta dan pemenang juga akan mendapatkan E-Sertifikat.

Untuk info lebih lengkapnya boleh klik link berikut ini: https://www.instagram.com/p/CSB-7sAlTZT/?utm_medium=copy_link

Program selain Educational Law Content Competition

Selain Educational Law Content Competition, GEMBEL juga akan mengadakan webinar pada tanggal 9 – 11 September 2021.

“Topik webinar ini tidak jauh beda dan saling berkaitan dengan Educational Law Content Competition. Hari pertama, yakni pada tanggal 9 September 2021, topik Webinar adalah Tindak Pidana Korupsi. Webinar hari kedua dilaksanakan dengan topik Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik, dan webinar hari terakhir tentang Hukum Pengelolaan Limbah” ucap Mureza.

Ia juga menambahkan bahwa seluruh peserta akan mendapat E-Sertifikat sebagai peserta Webinar.

Sasaran perlombaan Educational Law Content Competition adalah mahasiswa fakultas hukum di seluruh Indonesia sedangkan Webinar terbuka untuk umum. Sebagai penutup, Mureza mengajak seluruh mahasiswa dan masyarakat umum untuk mengikuti kegiatan ini.

“Semua peserta akan mendapatkan E-Sertifikat dan kalian juga mendapatkan benefit (uang) tanpa perlu membayar uang pendaftaran. Ini juga konten kreatif yang mana kita dituntut untuk membuat sekreatif mungkin dan tentunya bebas. Jadi buatlah video yang bisa membuat orang lain paham akan video itu dan tentunya juga bisa menjadi edukasi bagi diri sendiri dan orang lain. Jadi, yuk daftarkan diri kalian!”, tutup Mureza.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Ini Kata Humas USU dan Gubma FK Terkait Isu Vaksinasi Mahasiswa

redaksi

KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru Telah Selesai Dicairkan

redaksi

GOMEN, Langkah Awal Mentoring Mahasiswa Baru Muslim Fakultas Kedokteran USU!

redaksi