SUARA USU
Uncategorized

HCM di Era Digital: Menghadapi Tantangan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber foto: surabaya.proxsisgroup.com

Penulis: Vannesia Guiness/Rizky Syahputra/Aurellia Putri/Johansen Christian Hutajulu

Suara USU, Medan. Human Capital Management (HCM) adalah sebuah pendekatan strategis dalam manajemen sumber daya manusia (SDM) yang menempatkan karyawan sebagai aset penting dalam organisasi. Dalam era digital dan globalisasi saat ini, HCM menjadi semakin penting karena organisasi harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang cepat dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks dan kompetitif dan Manajemen sumber daya manusia (SDM) menjadi semakin kompleks dan menantang. Dalam konteks ini, Human Capital Management (HCM) menjadi pendekatan strategis yang sangat penting dalam memanajemen sumber daya manusia yang efektif dan efisien. Namun, dengan perkembangan teknologi dan perubahan lingkungan bisnis yang cepat, HCM juga menghadapi tantangan yang perlu dihadapi oleh organisasi.

Salah satu tantangan dalam HCM adalah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Teknologi telah memberikan dampak besar dalam berbagai aspek HCM, termasuk perekrutan, pengembangan, dan manajemen karyawan. Salah satu tren terbaru dalam HCM adalah penggunaan algoritma dan AI untuk membantu dalam proses perekrutan dan pengambilan keputusan. Dalam pandemi COVID-19, banyak organisasi yang harus beralih ke kerja jarak jauh (remote) atau hybrid. Oleh karena itu, kemampuan teknologi dan fleksibilitas menjadi sangat penting dalam HCM saat ini.

Selain itu, tantangan lain yang terkait dengan HCM adalah kebutuhan akan pengembangan karyawan yang berkelanjutan. Organisasi harus mampu memberikan pelatihan dan pengembangan yang terus-menerus untuk karyawan agar mereka dapat terus berkembang dan memenuhi kebutuhan bisnis yang semakin kompleks.

Dalam menghadapi tantangan-tantangan ini, organisasi dapat memanfaatkan teknologi terkini seperti kecerdasan buatan (AI) dan big data untuk mengembangkan sistem HCM mereka. AI dapat membantu organisasi dalam mengelola data SDM dan memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan SDM. Sedangkan big data dapat membantu organisasi dalam mengumpulkan data SDM secara lebih efektif dan memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang karyawan mereka.

Artikel ini merupakan publikasi tugas mata kuliah Human Capital Management dengan Dosen Pengampu: Dr. Audia Junita, S.Sos., M.Si.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pengaruh Globalisasi Terhadap Gotong Royong Di Suatu Wilayah

redaksi

Membangun Kebhinnekaan Indonesia: Tantangan dan Solusi dari Sudut Pandang Mahasiswa

redaksi

Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Variasi Belajar Audio Visual dan Interaktif di SDN 060890 Medan Polonia

redaksi