SUARA USU
Musik

Mencari Berkah di Momen Idul Adha dengan Lagu “Cari Berkah” oleh Wali

Sumber foto: spotify.com

Penulis: Zahra Zaina Rusty

Suara USU, Medan. Idul Adha, salah satu momen penting dalam kalender Islam, dikenal sebagai Hari Raya Qurban. Pada hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati ketakwaan Nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan putranya, Ismail AS, atas perintah Allah SWT. Esensi dari Idul Adha adalah berbagi dan kepedulian terhadap sesama, terutama bagi mereka yang kurang beruntung. Nilai-nilai ini tercermin dengan jelas dalam lirik lagu “Cari Berkah” yang dipopulerkan oleh grup band Wali.

Lagu “Cari Berkah,” yang dirilis pada tahun 2012, mengajarkan kita tentang pentingnya berbagi rezeki dan membantu orang lain. Dalam liriknya, Wali mengingatkan kita bahwa harta tidak akan kita bawa mati dan hidup akan lebih indah jika kita mencari berkah dengan berbagi dan membantu sesama. Lirik seperti “Punya rezeki bagiin, bantu yang susah tolongin” sangat relevan dengan semangat Idul Adha, di mana umat Muslim dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban dan membagikan dagingnya kepada mereka yang membutuhkan. Pada hari ini, umat Muslim melakukan ibadah qurban dengan tujuan untuk berbagi rezeki dengan mereka yang kurang beruntung. Daging qurban didistribusikan kepada fakir miskin, tetangga, dan keluarga, sehingga semua orang dapat merasakan kebahagiaan dan keberkahan Idul Adha.

Wali mengingatkan kita bahwa “hidup indah bila mencari berkah.” Dalam konteks Idul Adha, keberkahan bisa diperoleh dengan ikhlas berqurban dan berbagi dengan sesama. Menjadi berkah bukan hanya tentang memiliki banyak harta, tetapi tentang bagaimana harta tersebut bisa membawa manfaat bagi orang lain.

Lagu ini juga menekankan pentingnya kedermawanan dengan lirik “banyak harta ngapain kalo gak berkah pikirin.” Pada Idul Adha, kita diajak untuk merenungkan bahwa kekayaan duniawi tidak berarti apa-apa jika tidak digunakan untuk tujuan yang mulia. Allah SWT menjamin bahwa rezeki kita tidak akan habis jika kita berbagi dengan tulus dan ikhlas.

Lirik “punya harta gak mungkin dibawa mati” mengingatkan kita akan sifat sementara dari harta duniawi. Idul Adha adalah waktu yang tepat untuk merenungkan betapa pentingnya berbuat baik dan berbagi selama kita hidup, karena harta tidak akan berarti di akhirat nanti.

Untuk menghidupkan nilai-nilai dari lagu “Cari Berkah” dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada momen Idul Adha, kita bisa melakukan beberapa hal seperti, menyisihkan sebagian rezeki untuk membeli hewan qurban dan membagikannya kepada yang membutuhkan, mempererat hubungan dengan keluarga, tetangga, dan teman-teman dengan berbagi kebahagiaan dan berkah Idul Adha.

Pesan sederhana namun mendalam dari lagu Wali ini mengingatkan kita semua bahwa hidup akan lebih indah dan penuh berkah jika kita selalu berusaha untuk berbagai dan membantu sesama kita.

Dengan menghayati dan mengimplementasikan nilai pesan kebaikan dari lagu “Cari Berkah,” dalam kehidupan sehari-hari kita bisa membuat momen Idul Adha menjadi lebih bermakna.  Semoga kita semua dapat terus  mencari berkah dalam kehidupan dan selalu ingat bahwa hidup akan lebih indah bila kita saling berbagi dan membantu sesama. Selamat merayakan Idul Adha!

Redaktur: Yuni Hikmah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Rasa Insecure yang Terwakilkan oleh Lagu Allergy – (G)-idle

redaksi

Berani Bermimpi Setinggi Langit Lewat Lagu “Setinggi Langit” oleh Naura Ayu

redaksi

Menghadapi Kehilangan dalam “Perayaan Mati Rasa”

redaksi