SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Temilreg FoSSEI Sumbagut oleh KSEI FoSEI USU 2024, Dorong Generasi Muda Pahami Ekonomi Syariah

Reporter: Putri Aisyah S

Medan, Suara USU. Temu Ilmiah Regional (Temilreg) FoSSEI Sumbagut (Forum Silahturahim Studi Ekonomi Islam Regional Sumatera Bagian Utara) 2024, yang diselenggarakan oleh KSEI FoSEI  Universitas Sumatera Utara (USU). Mengusung tema “Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah Untuk Menyongsong Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia”, acara ini sukses terlaksana pada 20-23 Juni 2024. Acara ini merupakan program turunan dari FoSSEI Sumbagut, Universitas Sumatera Utara terpilih menjadi tuan rumah tahun ini. Acara ini hadir dengan berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan, mencakup Sarasehan, Seminar Nasional, Lomba, Awarding dan Gala dinner, dan Fieldtrip.

Uli Amsyah, ketua panitia Temilreg FoSSEI Sumbagut 2024 mengatakan adapun acara ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi antar sesama KSEI di Sumbagut dan menyalurkan ide-ide inovatif di berbagai bidang. Temilreg FoSSEI Sumbagut 2024 diisi dengan berbagai acara menarik dan bermanfaat, salah satunya lomba yang mencakup beberapa jenis yaitu LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah), Video Kreatif, Debat Ekonomi Islam, Business Plan, dan Olimpiade. Lomba yang diselenggarakan mendapatkan antusiasme tinggi dari para peserta lomba, terbukti dengan pendaftaran yang mencapai 97 peserta. Hal ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa terhadap ekonomi syariah semakin tinggi.

Selain lomba, Temilreg FoSSEI Sumbagut 2024 juga mengadakan Sarasehan yang menghadirkan pemateri dari KA FoSSEI SUMUT, Fikri Alhaq Fachryana, S.TP, MM yang membahas tentang masa depan dari KSEI. Pada wawancara dengan Uli Amsyah, ia menyampaikan juga, pengalaman dalam persiapan acara yang terbilang singkat, “Persiapan acara ini hanya 2 bulan, namun tim panitia telah bekerja keras dengan konsep yang matang sehingga acara berjalan lancar,” ujar Uli.

Ditengah persiapan yang hanya 2 bulan, Uli Amsyah juga mengungkapkan tantangan yang dihadapi para panitia dalam persiapan acara Temilreg FoSSEI Sumbagut 2024 ini, “Salah satu tantangan yang dihadapi panitia adalah keaktifan panitia, namun hal ini dapat diatasi dengan baik,” ungkap Uli. Dalam wawancara, Uli Amsyah juga menyampaikan rasa puasnya terhadap acara yang sukses terselenggara, “Panitia Temilreg FoSSEI Sumbagut 2024 merasa puas dengan jalannya acara yang sukses dan bermanfaat bagi para peserta,” ucap Uli.

Temu Ilmiah Regional FoSSEI Sumbagut oleh KSEI FoSEI USU 2024 merupakan sebuah acara yang penting dan bermanfaat bagi generasi muda, khususnya mahasiswa, untuk memahami dan mendalami ekonomi syariah. Dengan berbagai kegiatan yang menarik dan bermanfaat, diharapkan acara ini dapat meningkatkan literasi dan inklusi ekonomi syariah di Indonesia, serta memberikan kontribusi positif dalam pengembangan ekonomi syariah di masa depan.

Redaktur: Yuni Hikmah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Terkait Isu Kantin Perpustakaan USU, Pihak Rektorat Menjawab

redaksi

Kelompok 5 PMM USU Sukses Adakan Kolaborasi Bersama SAN Medan

redaksi

OTT Bupati Langkat, Gubernur Sumatera Utara Sudah Ingatkan Jangan Korupsi!

redaksi