SUARA USU
Kabar Kampus

Menciptakan Pengalaman Tak Terlupakan dengan Menyebarkan Literasi dan Berdampak pada Masyarakat Bersama AIESEC in USU

Penulis: Isma Ridwan

Suara USU, Medan. AIESEC in Universitas Sumatera Utara (USU) telah sukses menyelenggarakan Local Project, “Contribution to Literacy 1.0” atau “Constitucy 1.0” yang berlangsung pada 01 s/d 28 Juli lalu. Proyek ini, yang berfokus pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) PBB No. 4: Pendidikan Berkualitas, melibatkan total 33 Local Volunteers yang penuh dedikasi dan secara aktif berkontribusi dalam menciptakan perubahan positif di dalam komunitas.

Local Project yang diselenggarakan oleh AIESEC in USU bertujuan untuk mengatasi isu kritis mengenai pendidikan berkualitas dan pengembangan literasi, terutam di Sumatera Utara, yang selaras dengan visi SDG No. 4 untuk memastikan pendidikan yang inklusif  dan berkualitas untuk semua. Selama berlangsungnya program, Local Volunteers mengikuti rangkaian kegiatan yang diadakan secara luring maupun daring. Pada beberapa sesi daring, program ini menghadirkan beberapa pembicara yang berpengalaman dalam SDGs, literasi, dan kemahiran seperti public speaking dan project management. Pembicara yang mengisi sesi Constitucy 1.0 ini antara lain Edelyne Mia Martanegara, Fayanna Ailisha Davianny, Tomy Ristanto, Cahyo Febri Wijaksono, Desmon Andreas Lubis, Dewan Laksamana Putra, dan Riqueza Raihan Nainggolan. Mereka turut berbagi wawasan, pengalaman, dan pengetahuan yang mereka miliki kepada Local Volunteers untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam topik yang dibahas.

Berikut merupakan beberapa sorotan menarik dalam proyek ini:

1. Book Worlds

Book Worlds merupakan sebuah sesi di mana Local Volunteers berkunjung ke Perpustakaan Sumatera Utara. Dalam sesi ini, mereka terlibat dalam serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan pemahaman mereka tentang bahan bacaan dengan berbagai topik yang telah disediakan oleh panitia. Pada awal sesi, Local Volunteers memiliki kesempatan untuk membaca bahan bacaan yang telah diberikan dan seterusnya membuat mindmap untuk menyusun ide-ide utama dan informasi yang ditemukan dalam bahan bacaan. Puncak sesi ini adalah Local Volunteers mempresentasikan secara berkelompok hasil bacaan dan mindmap yang telah mereka buat kepada audiens yang lain. Sesi ini melibatkan kemampuan berbicara di depan umum, berkolaborasi dalam kelompok, dan menyampaikan informasi secara efektif.

2. International Networking Space

International Networking Space merupakan sesi daring yang menghadirkan pembicara dari beberapa AIESEC luar negara. Perwakilan dari luar negara yang berhadir antara lain Nova (Guangzhou), Bibhuti Joshi (Thailand), Hemangi Govil dan Felicia Susanto (Singapura), Rabina Sharma (Nepal), serta Pamela Tenorio (Belgia). Masing-masing pembicara membawa pengalaman dan cerita unik mengenai budaya, kehidupan sehari- hari, dan literasi di negara masing-masing. Local Volunteers juga terlibat dalam diskusi dan pertukaran gagasan dengan para pembicara untuk memahami lebih dalam mengenai realitas di negara-negara tersebut. Dalam sesi ini, keberagaman budaya dan pengalaman hidup dari berbagai belahan dunia dapat ditemukan dan dipelajari.

3. Reach by Teaching

Sesi Reach by Teaching merupakan hari eksekusi proyek dimana Local Volunteers mengunjungi sekolah dasar (SDN 060886 dan SDN 060895). Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut yaitu pada 24 s/d 25 Juli 2023. Tujuan utama dari sesi ini adalah untuk memberikan edukasi literasi kepada siswa-siswa SD melalui metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Local Volunteers secara berkelompok akan bertanggung jawab mengajar di kelas-kelas yang telah ditetapkan sebelumnya. Topik yang diajarkan meliputi berbagai aspek literasi seperti literasi keuangan, literasi digital, literasi lingkungan, dan literasi budaya. Local Volunteers juga menggunakan pendekatan yang sesuai dengan usia dan pemahaman siswa sehingga materi yang diajarkan dapat diterima dengan baik oleh siswa di sana.

4. Contribution to Literacy 0

Contribution to Literacy 1.0 merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan dalam upaya meningkatkan literasi. Acara ini dilaksanakan secara daring, dimana Local Volunteers berkesempatan untuk mempresentasikan pengalaman dan hasil dari hari eksekusi yang telah mereka jalani kepada audiens yang hadir. Presentasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai kegiatan, tujuan, dan dampak dari Local Project: Contribution to Literacy 1.0. Sesi ini juga menghadirkan Pedro Gonzalez Karoko dan Talitha Adna sebagai juri untuk memberikan evaluasi, penilaian, dan apresiasi atas presentasi yang dibawakan oleh masing-masing kelompok.

Contribution to Literacy 1.0 telah mencapai kesuksesan dalam mengilhami semangat pemuda untuk memperhatikan SDGs dan literasi. Namun, usaha ini tidak berhenti sampai di sini saja. Kami dengan semangat menghadirkan langkah berikutnya, “Contribution to Literacy 2.0”. Mari ikut serta bersama kami untuk mengembangkan dirimu sembari menciptakan dampak positif dan semangat literasi terutama dalam kalangan masyarakat di Sumatera Utara.

Redaktur: Tania A. Putri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Keluarga Besar Etnomusikologi USU Adakan Perayaan Natal Bertema “Serenade of Joy”

redaksi

USU Back Home 2022 Hadir Sebagai Rangkaian Dies Natalis USU Ke-70

redaksi

Mahasiswa USU raih Juara I Robot Design Contest di Universitas Hassanudin

redaksi