SUARA USU
Featured

Tips dan Trik Untuk Lolos Seleksi MSIB Batch 6

Penulis: Fatma Ananta Sari/Syarifah Puteri

Suara USU, Medan. Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program pembentukan karir mahasiswa yang memberi kesempatan untuk dapat belajar di luar program studinya. Magang Bersertifikat bertujuan untuk memberikan kesempatan mengembangkan diri melalui pengalaman di lapangan sehingga dapat memahami bagaimana industri beroperasi. Sedangkan Studi Independen memberikan pendekatan pendidikan yang menekankan pada pembelajaran mandiri dan dibuat khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi oleh mitra/industri.

Tidak hanya ilmu dan pengalaman kerja, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan melalui program MSIB, seperti uang saku, konversi          SKS hingga sertifikat program. Namun, mengingat banyaknya peminat dan selalu meningkat tiap tahunnya tentu saja kamu perlu strategi yang matang dan terencana.

Untuk lolos MSIB kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik. Berikut beberapa tips dan triknya :

  1. Pastikan Diri Kamu Sesuai dengan Persyaratan

Persyaratan MSIB Batch 6 ini kamu harus mahasiswa aktif yang minimal berada di semester 2 untuk Vokasi (D2-D4)  dan minimal semester 4 untuk S1. Terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) atau yang belum dinyatakan lulus dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

  1. Persiapkan Berkas Seawal Mungkin

Kamu sudah bisa mempersiapkan berkas dari sekarang, dengan mempersiapkan berkas lebih awal, kamu dapat mengantisipasi kesalahan yang mungkin terjadi nantinya. Lengkapi dokumen seperti CV terbaru kamu, transkrip nilai, surat rekomendasi, SPTJM,  foto atau scan KTP, portofolio (opsional) hingga sertifikat pengalaman organisasi (opsional).

Sesuaikan isi CV dan portofolio dengan syarat dan ketentuan mitra yang dituju. Kamu dapat menyusun CV ATS Friendly untuk meningkatkan peluang lolos seleksi kamu. Untuk portofolio buatlah semenarik mungkin khususnya jika kamu mendaftar di bidang creative. Kamu bisa mengisi portofolio dengan skill, pengalaman dan hasil karya/proyek kamu.

  1. Perhatikan Timeline dan Sistematika Pendaftaran

Pastikan kamu mengetahui timelinenya secara lengkap, mulai dari jadwal pendaftaran, jadwal seleksi berkas hingga jadwal wawancara yang tidak boleh terlewatkan. Selalu pantau perkembangan informasi terkait proses seleksi agar tidak ketinggalan setiap perubahan sistematika atau peringatan penting yang mungkin diberikan.

  1. Riset Mitra Magang yang Dituju

Gali informasi perusahaan seperti latar belakang, visi dan misi, bidang perusahaan, budaya pekerjaan, serta kriteria pekerja yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Kamu juga bisa meminta saran dan pendapat dari senior, teman, atau orang lain yang sudah mengikuti program MSIB.

  1. Wawancara dengan Persiapan yang Matang

Awali wawancara dengan perkenalan diri yang mengesankan. Jawab pertanyaan dengan jujur dan jelas, perhatikan pemilihan kata, intonasi, ketahui cara dan waktu yang tepat untuk merespon, jaga kontak mata, dengarkan dengan seksama, tunjukkan sikap positif, antusiasme, dan rasa percaya diri. Akhiri dengan mengucapkan terima kasih beserta kesungguhanmu. Gunakan pakaian yang rapi dan berpenampilan menarik. Jangan lupa untuk tersenyum selama wawancara agar memberi kesan sikap yang baik dan keramahan.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa banget sobat suara USU  ikuti agar kesempatan kamu untuk lolos menjadi peserta MSIB semakin besar. Semoga berhasil!

Redaktur: Taty Kristina

Related posts

Toxic Relationship Dalam Lagu So Let’s Love

redaksi

Analisis Gaya Kepemimpinan Waroeng Royal Dimsum

redaksi

Kisah Dibalik Lirik “Supermarket Flowers” By Ed-Sheeran

redaksi